Peran Penting Usus Buntu Bagi Pencernaan
Sumber: Dim Dimich/Shutterstock

Solusi Sehat / 23 February 2014

Kalangan Sendiri

Peran Penting Usus Buntu Bagi Pencernaan

Puji Astuti Official Writer
12046

Usus buntu adalah bagian tubuh yang selama bertahun-tahun tidak diketahui fungsinya secara pasti.  Namun jika organ kecil ini bermasalah, bisa membahayakan nyawa manusia. Siapa menyangka organ kecil yang sepertinya tidak penting ini bisa membuat seseorang kehilangan nyawanya?

Apakah Anda tahu bahwa usus buntu panjangnya tidak lebih dari 2 hingga 4 inci saja? Bentuknya seperti kantong kecil yang melekat pada usus besar kita, tepat dipersimpangan antara usus besar dan usus kecil.
Selama ini para ilmuwan menduga bahwa usus buntu adalah organ vestigial saja - organ dalam tubuh manusia yang ribuan tahun lalu berfungsi namun kita tidak lagi dibutuhkan. Hingga pada tahun 2007 peneliti dari Duke University mengungkapkan bahwa usus buntu sebenarnya adalah "rumah perlindungan" bagi bakteri baik saat sistem pencernaan mengalami masalah.

Saat pencernaan mengalami pertarungan dengan bakteri seperti penyebab diare, lapisan usus akan mengalami peradangan, tapi bakteri baik yang ada dalam usus buntu tetap aman. Setelah usus kembali normal, bakteri baik kembali ke usus sebelum ada bakteri berbahaya lainnya yang masuk.

Teori tersebut semakin diperkuat pada tahun 2011 oleh peneliti dari Winthrop University Hospital di Mineola, NY. Penelitian ini berkaitan dengan bakteri Clostridium difficile, pasien yang masih memiliki usus buntuk mengalami serangan kembali hanya 11%, sedangkan pasien yang usus buntunya sudah diangkat mengalami serangan kembali sebanyak 48%. Hal ini membuat mereka menyimpulkan bahwa usus buntu mempunyai fungsi penting dalam pencernaan manusia.

Kadang manusia tidak bisa menyelami bagaimana Tuhan menciptakan setiap bagian tubuhnya dengan fungsinya yang sempurna. Bahkan bagian tubuh terkecil seperti usus buntu ini. Untuk itu marilah pelihara tubuh kita sebaik mungkin.

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Minuman Sehat Pengganti Air Putih

Pertajam Ingatan Dengan Apa Yang Anda Makan

4 Makanan Mujarab Atasi Diare

Pentingnya Waktu Tidur Bagi Kesehatan

Yosi 'Project Pop' Bersyukur Menjadi Host Obat Malam

Sumber : MNW.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami