Jokowi Nilai Kerja Inspektorat Belum Efektif
Sumber: metro.news.viva.co.id

Nasional / 21 February 2014

Kalangan Sendiri

Jokowi Nilai Kerja Inspektorat Belum Efektif

Lois Official Writer
4290

Inpektorat DKI mendapatkan tekanan baik dari orang nomor satu di Jakarta ataupun nomor dua, yaitu Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Jokowi menilai inspektorat belum efektif dalam mengawasi kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

“Kalau sudah efektif, tidak akan ada kekeliruan. Kalau masih ada yang korupsi berarti belum efektif,” ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (20/2/2014). “Artinya, Inspektorat harusnya mendampingi terus. Tindakan preventif, atau sebelum kejadian harus memberitahu, informasikan karena itu masih internal,” ujarnya lagi. “Sekarang sudah masuk ranah hukum. Katanya mau gandeng BPKP, itu lebih baik,” tegas Jokowi.

Kepala Inspektorat Provinsi DKI Jakarta Franky Mangatas Panjaitan mengatakan akan memanggil beberapa pihak terkait dalam kasus bus TransJakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) yang karatan dan rusak sedangkan penggunaannya belum sampai satu minggu tersebut. “Untuk lebih mendalami kecurangan tersebut, kami akan memanggil panitia penerimaan barang dan teman-teman dari UP (Unit Pengelola) Transjakarta. Mereka akan dimintai keterangan mengenai prosedur penerimaan barang hingga dokumen pemeriksaan barang yang telah diterima,” ujar Franky.

Franky juga mengatakan bahwa memang ada indikasi kecurangan yang terjadi dalam prosedur lelang pengadaan bus tersebut. Namun, menurutnya dari sisi administrasi dokumen pengadaan sudah benar dan memenuhi prosedur aturan yang berlaku.

Korupsi yang dilakukan di Indonesia masih begitu banyak dilakukan oleh para pejabat yang katanya memimpin buat rakyat banyak itu. Hal ini perlu diwaspadai terutama di tahun pemilihan legislatif dan presiden yang berlangsung tahun ini, agar jangan sampai kita salah memilih dan mengakibatkan uang rakyat makin terkuras.

 

Baca juga :

Air Putih, Bantu Sistem Pencernaan Atau Tidak?

Ini Petunjuk Anggaran Untuk Oleh-Oleh

Street Society, Aksi Balapan Ala Indonesia

Apakah Dia Tipe Pengatur? Ini Cirinya

Sumber : beritajakarta.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami