Makanan Pilihan Pasca Operasi Usus Buntu

Gizi & Nutrisi / 19 February 2014

Kalangan Sendiri

Makanan Pilihan Pasca Operasi Usus Buntu

Lori Official Writer
64886

Bila penyakit usus buntu yang anda derita semakin bertambah parah, operasi menajdi jalan terbaik bagi untuk menyudahi sakit yang Anda rasakan. Jika Anda telah melalui operasi ini, perlu bagi Anda untuk mengambil waktu penuh untuk menjalani proses penyembuhan, termasuk menjaga pola dan menu makan yang aman bagi usus Anda.

Berikut jenis makanan yang baik dikonsumsi paska operasi usus buntu, seperti:

Soup Kaldu

Setelah jam pertama operasi usus buntu, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang aman bagi usus anda. Kaldu menjadi pilihan terbaik yang aman paska operasi Anda, dan berfungsi untuk mengembalikan stamina tanpa menimbulkan mual dan muntah. Mulai meneguk sedikit sedikit kaldu hingga Anda merasa lebih kuat kembali.

Yogurt

Pasca operasi, anda perlu makan makanan lembut dan mudah ditelan dan juga tidak mudah menimbulkan mual dan muntah. Yogurt yang mengandung protein, membantu Anda menjalani proses penyembuhan. Sesuai dengan rekomendasi dari Sekolah Medikal dan Kesehatan Publik Universitas Wisconsin, cobalah yogurt rendah gula agar lebih mudah dicerna oleh usus.

Labu

Sebagai sumber beta karotin dalam pemenuhan vitamin A  labu dianjurkan sebagai makanan yang baik untuk proses penyembuhan usus buntu. Labu yang terbaik itu sebaiknya labu berwarna oranye dan kuning. Masaklah labu hingga lembek seperti bubur agar mudah dicerna oleh usus.

Bagi penderita usus buntu, nyeri sakit akan terasa di bagian perut sebelah kanan. Bila sudah akut, akibatnya akan menimbulkan radang selaput perut, dimana umbai usus buntu dapat pecah dan isi usus dapat menyebar ke seluruh perut bagian bawah. Bila anda gejala di atas sudah terasa, segeralah periksakan diri.


Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Minuman Sehat Pengganti Air Putih

Pertajam Ingatan Dengan Apa Yang Anda Makan

4 Makanan Mujarab Atasi Diare

Pentingnya Waktu Tidur Bagi Kesehatan

Yosi 'Project Pop' Bersyukur Menjadi Host Obat Malam

Sumber : Livestrong.com/jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami