Berbisnis Oleh-Oleh, Menguntungkan Atau Merugikan ?
Sumber: teropongbisnis.com

Investment / 17 February 2014

Kalangan Sendiri

Berbisnis Oleh-Oleh, Menguntungkan Atau Merugikan ?

Budhi Marpaung Official Writer
3948

Meski dalam dunia investasi atau bisnis dikenal prinsip “keberanian mengambil resiko”, tetapi itu bukan berarti kita jadi asal-asalan memilih investasi atau bisnis yang ingin kita jalani. Kita harus bijak sebelum memutuskan usaha apa yang mau kita geluti.

Nah, kali ini penulis akan mengangkat mengenai sebuah bisnis yang pastinya tidak asing lagi oleh Anda, yakni bisnis oleh-oleh. Walau sudah cukup banyak orang yang berhasil meraup keuntungan dari usaha ini tetapi tentu perlu dipertanyakan apakah benar berbisnis oleh-oleh itu menguntungkan? Atau jangan-jangan bidang ini adalah bidang “kering”?

Menjawab pertanyaan di atas, mari kita melihat kepada karakteristik wilayah Indonesia dan masyarakat pada umumnya :  

1. Indonesia memiliki daerah-daerah pariwisata yang menarik untuk dikunjungi

2. Masyarakat Indonesia senang mengabadikan / membuktikan bahwa mereka pernah mengunjungi daerah yang dikunjunginya

3. Masyarakat Indonesia suka hal yang baru termasuk mencoba kuliner khas daerah tertentu.

Berkaca kepada 3 hal diatas maka dapat dibuktikan bahwa bisnis oleh-oleh merupakan bisnis yang menjanjikan (menguntungkan). Namun begitu ada, 3 faktor yang perlu Anda perhatikan jika mau berhasil di bidang ini :

a. Kemasan. Suka atau tidak, kemasan merupakan faktor penting untuk menunjang bisnis oleh-oleh Anda ini. Pastikan produk Anda memiliki kemasan yang eye-catching bagi calon pembeli produk Anda

b. Kualitas. Walau kemasan produk oleh-oleh Anda bagus jika tidak ditunjang oleh kualitas yang bagus maka orang-orang yang pernah mencoba oleh-oleh Anda tidak akan mau kembali kepada Anda atau justru menyebarkan opini negatif tentang produk oleh-oleh yang Anda jual.

c. Jejaring pemasaran. Jika Anda mau usaha oleh-oleh Anda menghasilkan keuntungan yang banyak maka Anda memerlukan jejaring pemasaran. Biasanya UKM-UKM baru di Indonesia akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk memperkenalkan produk-produknya. Bila sudah mulai dikenal maka Anda bisa menjalin kerjasama dengan hotel atau terminal atau stasiun dimana Anda berdomisili. Jika sudah semakin besar lagi maka Anda bisa membangun cabang sendiri atau membangun cabang dengan sistem franchise di kota-kota lain.

Perlu diingat, semua bisnis yang maju di seluruh dunia ini pasti membutuhkan proses. Ada kalanya penjualan di waktu-waktu tertentu tidaklah terlalu bagus. Tetapi dengan komitmen, inovasi, dan berserah kepada Tuhan maka percayalah usaha oleh-oleh ini pasti bisa meroket dan bertahan lama.

Tertarik untuk mencobanya?

 

Baca juga :

Oleh-oleh Khas Bandung: Batagor Riri Kegemaran Selebritis

Kisah Nyata Cinta Sejati yang Diterpa Cobaan

3 Cara Agar Cinta dan Seks Jalan Beriringan

Redam Amarah Dengan Minum Air Putih

Join IMAGO Festival 2014  

Sumber : berbagai sumber / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami