Media Luar Soroti Intoleransi Empat Gereja Indonesia

Internasional / 16 February 2014

Kalangan Sendiri

Media Luar Soroti Intoleransi Empat Gereja Indonesia

Lori Official Writer
4489

Empat gereja yang ditutup lantaran mendapat penolakan dari sejumlah pihak diberitakan oleh media luar setelah World Watch Monitor meneliti lebih dalam tentang persoalan ini. Empat gereja itu diantaranya, Gereja Injil Sepenuh Indonesia, Gereja Pergerakan Pentakosta, Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan Gereja Kristen Perjanjian Baru (GKPB).

Situs berita Christian Today, Rabu (12/2) kemarin menyoroti penutupan GKPB yang berada di wilayah Cianjur, Jawa Barat. Gereja ini ditutup lantaran mendapat protes dari sebanyak 150 warga non-Kristiani pada 8 Desember 2013 silam.

Atas kasus penutupan gereja ini, pendeta GKPB  Oferin Hia telah membuat sebuah petisi untuk pengembalian gereja, serta berupaya menyampaikan keluhan kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan pemerintah daerah untuk mendapatkan tempat alternatif, namun upaya itu belum juga membuahkan hasil.

“Gereja –gereja masih tetap semangat, namun masih dalam ketidakpastian. Menggunakan bangunan gereja yang lain hanya solusi sementara. Mereka belum tahu berapa lama hal itu akan bertahan,” kata Hia kepada World Watch Monitor.

Hia melanjutkan, pengajuan  izin mendirikan bangunan (IMB) yang sudah memenuhi syarat bahkan kerap diabaikan pemerintah. “Kami telah mengajukan permohonan izin (membangun gereja), namun para pejabat pemerintah daerah tidak menanggapi meskipun semua persyaratan telah dipenuhi,” pungkasnya.

Sangat disayangkan bilamana negara hukum yang menjamin kebebasan beragama dan toleransi antarumat beragama ini malah berlaku tak sejalan dengan hukum. Kasus intoleransi lagi-lagi masih tetap menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah.  


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pamer Gambar, Jejak Perampok Gereja Ini Akhirnya Terkuak

Paus Francis: Jangan Menikah Karena Faktor Emosi Semata

Divonis Kanker, Darlene Zschech Tetap Tulis Lagu

Organisasi Kristen Alaska Kunjungi Olimpiade Rusia

Sumber : CT/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami