Waspadai Bahaya Abu Vulkanik, Lakukan Pencegahan Ini
Sumber: viva.co.id

Solusi Sehat / 15 February 2014

Kalangan Sendiri

Waspadai Bahaya Abu Vulkanik, Lakukan Pencegahan Ini

Puji Astuti Official Writer
4328

Letusan Gunung Kelud bukan hanya berdampak bagi mereka yang tinggal di lereng gunung tersebut sebab abu vulkanik yang dimuntahkan mencapai beberapa kota di pulau Jawa seperti Surabaya, Solo, Yogyakarta, bahkan hingga mencapai Bandung. Akibatnya, jutaan orang harus menghadapi kemungkinan masalah kesehatan karena terpapar abu vulkanik tersebut. Ada 3 masalah kesehatan yang biasanya muncul karena masalah abu vulkanik ini:

- Pertama adalah gangguan pada pernafasan hingga ispa atau infeksi  saluran pernafasan akut. Gejalanya bisa berupa batuk, pilek, sesak nafas hingga radang tenggorokan. Untuk bagi Anda yang mengalami hujan abu sebaiknya hindari beraktivitas di luar rungan dulu. Selain itu gunakan masker untuk mengurangi kemungkinan abu terhirup saat bernafas.

- Kedua adalah gangguan pada penglihatan seperti mata menjadi perih dan memerah. Untuk itu disarankan untuk menggunakan kaca mata saat beraktivitas di luar rumah, dan untuk Anda yang bisa menggunakan lensa kontak sebaiknya tidak digunakan dulu karena bisa mengalami iritasi. Jika mata Anda terpapar oleh abu vulkanik jangan menguceknya dengan tangan, sebaliknya gunakan tetes mata atau air untuk membersihkannya.

- Yang terakhir adalah iritasi pada kulit. Jika kulit terpapar bisa mengalami gatal-gatal dan ruam, bahkan bagi mereka yang alergi debu bisa berakibat parah. Untuk itu pastikan menggunakan pakaian lengan panjang dan juga topi saat berada di luar ruangan, atau bahkan lebih baik mengurangi aktivitas di luar ruangan dulu.

Bencana memang tidak bisa diprediksi datangnya, namun kita tetap bisa mengurangi dampak akibat bencana dengan meningkatkan kewaspadaan dan membuat persiapan untuk situasi yang terburuk.

Baca juga artikel lainnya :

#Prayforkelud Menjadi Trending Topik Twitter di Hari Valentine

PVMBG Prediksi Letusan Susulan Gunung Kelud Lebih Kecil

Abu Vulkanik Gunung Kelud Mencapai Bandung

Foto Hoax Letusan Gunung Kelud Beredar!

Karena Mujizat Tuhan Biaya Persalinanku Dapat Dilunasi

Cintaku Bertepuk Sebelah Tangan

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami