PGI: Jangan Pilih Caleg Berdasarkan Agama!
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 12 February 2014

Kalangan Sendiri

PGI: Jangan Pilih Caleg Berdasarkan Agama!

daniel.tanamal Official Writer
4658

Menyambut pemilu legislatif 2014, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyampaikan pesan pastoral kepada umat Kristen di Indonesia tentang pedoman memilih partai politik dan calon legislatif.

Dalam salah satu seruannya, PGI menyerukan agar tidak memilih caleg berdasarkan agamanya. "Dalam memilih, berilah penilaian berdasarkan kapasitas, kualitas, dan rekam jejak figur, bukan berdasarkan agama," seru Kepala Biro Penelitian dan Komunikasi PGI Pdt. Henry Lokra di Wisma PGI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/2/2014).

PGI juga mengimbau para caleg yang menjadi peserta dalam pemilu legislatif 2014 untuk tidak menjual isu terkait suku, agama, ras, dan antargolongan sebagai materi kampanye. Cara semacam itu disebutnya sebagai cara yang tidak bermartabat dan tidak terhormat.

Henry juga menuturkan bahwa PGI tidak ingin pemilu menjadi ajang untuk semakin memperkuat sektarianisme dan fanatisme atas dasar agama yang kini tengah menguat. "Pemilu justru untuk memperkuat komitmen dan memperkuat NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," katanya.

PGI pun meminta gereja untuk menyampaikan kepada jemaatnya dalam peribadatan untuk memilih seorang caleg dan pemimpin yang berkomitmen memperjuangkan kebebasan beragama. Kemajemukan agama ini ditekankan merupakan warisan berharga dan apabila dihilangkan akan menjadi ancaman bagi Indonesia. 

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami