Kiat Perencanaan Keuangan di Musim Hujan
Sumber: JPNN

Entrepreneurship / 7 February 2014

Kalangan Sendiri

Kiat Perencanaan Keuangan di Musim Hujan

Yenny Kartika Official Writer
4210

Apakah keuangan Anda terpengaruh selama musim hujan? Tentu saja jawabannya iya. Coba Anda periksa pengeluaran Anda selama bulan-bulan belakangan ini, dimana curah hujan cukup tinggi bahkan timbul banjir di sejumlah daerah. Pasti akan ditemukan perbedaan antara pengeluaran saat musim hujan dan musim tidak hujan (kemarau).

Untuk mengantisipasi keadaan ini—yang mungkin akan terjadi beberapa kali dalam setahun—Anda perlu mempersiapkan dana cadangan khusus musim hujan sebesar 30 persen dari pengeluaran rutin bulanan. Pastikan agar dana ini meliputi:

-biaya pemeriksaan ke dokter, rawat inap di RS, obat-obatan, vitamin, dan suplemen. Musim penghujan dan genangan banjir akan memicu sejumlah penyakit.

-biaya transportasi. Anda yang biasanya menggunakan kendaraan umum seperti bus maupun ojek, harus siap-siap naik taksi saat hujan melanda. Anda yang menggunakan kendaraan pribadi juga biasanya perlu bantuan dari ojek gerobak (jika banjir). Pejalan kaki sekalipun perlu mempersiapkan dana untuk membayar ojek payung, jika hujan turun mendadak tanpa sempat bersiap.

-biaya konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Hujan turun, jalan jadi licin dan lalu lintas macet. Akibatnya, konsumsi bensin bertambah.

-biaya perawatan dan pencucian kendaraan. Hal ini patut diperhatikan terutama jika kendaraan sering melewati terjangan banjir, jalanan becek, dan penuh lumpur.

-biaya membersihkan rumah dan perabotan. Bila banjir menggenangi rumah Anda, perlu biaya ekstra dalam membersihkan lantai, sofa, peralatan dapur, dll. Anda memerlukan cairan desinfektan, detergen, obat nyamuk, masker, sarung tangan, alas kaki (sepatu boots), dll.

-biaya pencucian baju. Saat musim hujan, makin banyak saja pakaian yang basah dan harus segera dicuci! Masalahnya, pakaian ini akan kering dalam waktu lama karena kurangnya sinar matahari. Kalau sudah begini, Anda harus membeli pewangi agar bau pakaian tidak apek. Bahkan Anda mungkin perlu membeli perangkat jemuran tambahan karena pakaian yang makin menumpuk.

Selain itu di musim penghujan ada beberapa barang yang mengalami penurunan harga, seperti AC, kipas angin, dan kulkas. Anda bisa mempersiapkan dana khusus untuk belanja barang-barang tersebut di musim hujan.

 

BACA JUGA:

9 Bahaya Ini Mengintai Jika Anda Terlalu Banyak Tidur

Xavi Akan Nonton Sepak Bola Seumur Hidup

Sibuk Manggung, Raisa Tak Rayakan Valentine

I Forgave My Mother's Murderer

VIDEO: Usir Setan via Skype, Metode Terbaru Atasi Kesurupan

Tuhan Itu Kreatif!

Sumber : berbagai sumber | Jawaban.com | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami