Miliki Gambar Diri Yang Baik

Psikologi / 7 February 2014

Kalangan Sendiri

Miliki Gambar Diri Yang Baik

Puji Astuti Official Writer
9711

Memiliki gambar diri yang baik sangatlah penting. Karena jika tidak, akan membuat kita menjadi manusia yang tidak utuh serta menghambat hubungan kita dengan sesama. Sebagai mahluk sosial, kita harus berinteraksi dengan orang lain. Gambar diri adalah gambaran kita terhadap diri sendiri atau pikiran kita tentang pandangan orang lain terhadap diri kita.

Kadang kita terlalu terpaku pada pendapat umum, yang belum tentu tepat, atau malah cenderung membuat kita akhirnya memiliki gambar diri yang salah. Misalnya pendapat bahwa orang lain akan menghargai jika kita cantik, tampan, pintar, kaya, menarik, atau langsing. Sehingga orang yang mempunyai bentuk badan yang tidak ideal, cenderung tidak dihargai.

Penilaian yang salah tersebut membuat kita menjadi takut gagal, takut tertolak, takut dihukum, bahkan mengasingkan diri. Akibatnya kita takut untuk mencoba sesuatu sehingga kreativitas kita tidak berkembang. Meskipun demikian, penilaian atau pendapat ini dapat diubah sehingga kita bisa memiliki gambar diri yang baik.

Jika kita memiliki kepercayaan diri yang rendah akan membuat kita tidak dapat menjalani hidup yang utuh. Rasa percaya diri yang rendah diakibatkan oleh rasa takut dan kurangnya pengetahuan. Kalau kita merasa kurang pengetahuan, kita harus belajar tertarik dengan berbagai hal. Misalkan mulai membaca buku tentang kepribadian. Tapi jika masalah terbesar kita adalah rasa takut, berikut adalah hal-hal yang harus kita lakukan :

-   Berhenti Membandingkan

Kita diciptakan menjadi pribadi yang unik. Tidak ada satu orang pun di dunia yang sama. Ini artinya kita memiliki daya tarik dan daya jual tersendiri. Kita harus mencintai dan menghargai diri sendiri.

-   Miliki Mental Juara

Kita harus yakin bahwa apa yang kita lakukan pasti berhasil. Walaupun mungkin mengalami kegagalan, jangan pernah menyerah. Karena kita sudah diciptakan untuk menjadi lebih dari pada pemenang.

-    Miliki Visi Hidup

Dengan memiliki visi kita dapat membangun kekuatan dan kepercayaan diri kita. Visi juga merupakan tolak ukur sejauh apa kita mampu mengembangkan diri kita, seberapa besar keinginan kita untuk menjadi manusia yang lebih baik bagi diri sendiri dan orang lain.

-    Olahraga

Dengan berolah raga secara teratur, kita menjaga stamina tubuh untuk tetap fit dalam melaksanakan tugas dan aktivitas sehari-hari tanpa terganggu sakit. Jadi kita harus biasakan menjalani hidup sehat.

-    Miliki Waktu Untuk Diri Sendiri

Menghargai diri sendiri dengan menikmati waktu seorang diri adalah saat yang berharga. Karena ketika merasa senang, timbul perasaan tenang dan lebih bahagia (Ams 17:22). Disaat kita bahagia, tentunya rasa percaya diri itu akan muncul dengan sendirinya.

Penting perlu kita ingat, bahwa hidup kita berharga bagi Tuhan. Untuk itulah CBN Indonesia hadir dengan berbagai program televisi untuk memberitakan kabar baik, bahwa Tuhan sangat mengasihi kita dan setiap manusia telah diciptakan unik serupa gambaranNya. Anda pun bisa mendukung setiap program acara kami dengan menjadi Mitra CBN. untuk informasi lebih lanjut silahkan klik disini.

Sumber : CBN Indonesia | Nancy Natalia
Halaman :
1

Ikuti Kami