Yenny Kartika

Official Writer
43494


Tubuh mengalami banyak masalah dan penyakit saat kita kurang tidur. Saat jumlah jam tidur terlalu sedikit, mood kita akan naik-turun tak karuan, timbul kantung mata, dll. Lalu, apakah dengan memperbanyak tidur masalah tersebut dapat teratasi? Tidak juga, karena sebenarnya tidur terlalu banyak akan menciptakan masalah lain. Nah, apa saja problem yang terjadi saat kita terlalu banyak tidur?

 

Sakit kepala

Terlalu banyak tidur akan berpengaruh pada neurotransmitter di otak sehingga timbul rasa sakit di kepala. Rasa nyerinya sama dengan dampak yang timbul setelah mabuk alkohol. Untuk memulihkan rasa sakit kepala ini Anda bisa mengonsumsi kafein, namun jika nyeri semakin parah Anda sebaiknya minum obat.

 

Diabetes

Penelitian membuktikan tidur terlalu banyak akan menyebabkan diabetes. Pola tidur yang berantakan akan memicu peningkatan kadar gula darah di tubuh. Apalagi jika dalam riwayat keluarga Anda ada yang pernah menderita diabetes. Anda perlu membiasakan pola tidur yang baik agar terhindar dari diabetes.

 

Konsentrasi menurun

Kurangnya konsentrasi merupakan dampak yang diakibatkan dari kurang tidur maupun kebanyakan tidur. Hal ini terjadi karena sel-sel otak tidak diaktifkan, sehingga Anda sulit fokus pada suatu hal.

 

Suasana hati memburuk

Kebanyakan tidur akan membuat emosi Anda terganggu. Anda jadi mudah tersinggung karena hal-hal sepele. Anda juga jadi mudah lupa dengan hal-hal penting.

 

Obesitas

Saat Anda tidur terlalu lama, Anda menumpuk lapisan lemak di tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh tidak banyak bergerak saat tidur, sehingga lemak tidak terbakar dan akhirnya makin menumpuk. Menurut sebuah studi, orang-orang yang tidur berlebihan memiliki resiko obesitas 21 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur secukupnya.

 

Sakit jantung

Sejumlah penelitian mengungkapkan, orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam (9 sampai 12 jam sehari) mengalami peningkatan resiko sakit jantung.

 

Depresi

Orang yang depresi cenderung ingin tidur lebih lama dan lebih sering. Hal ini justru membuat depresi itu makin menjadi-jadi. Depresi yang tidak teratasi pada akhirnya bisa memicu masalah fisik.

 

Sakit punggung

Punggung terasa nyeri saat Anda kebanyakan tidur. Hal ini dikarenakan badan tidak banyak beraktivitas.

 

Kematian

Meskipun belum ada alasan yang pasti, banyak penelitian mengungkap adanya hubungan antara tidur berlebih dengan meningkatnya resiko kematian.

 

Ternyata segala hal yang "terlalu" memang tidak baik. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur seharusnya dihindari, dan diusahakan untuk tidur secukupnya. Selain mempertimbangkan lamanya jam tidur (normalnya tidur yang baik adalah 8 jam sehari), kita juga perlu memperhatikan kapan kita tidur.

 

BACA JUGA:

Xavi Akan Nonton Sepak Bola Seumur Hidup

Sibuk Manggung, Raisa Tak Rayakan Valentine

I Forgave My Mother's Murderer

VIDEO: Usir Setan via Skype, Metode Terbaru Atasi Kesurupan

Tuhan Itu Kreatif!

Piala Dunia 2014: Profil Timnas Amerika Serikat

Sumber : Boldsky/yk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

Kanan Agustus