Fakta-fakta Dibalik Korban Tewas Sinabung
Sumber: Antaranews.com

Nasional / 2 February 2014

Kalangan Sendiri

Fakta-fakta Dibalik Korban Tewas Sinabung

Lori Official Writer
6272

Untuk kesekian kalinya, Sinabung kembali mengalami erupsi tepatnya pada Sabtu (1/2) pukul 10.30 WIB. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara melaporkan sebanyak 14 korban tewas oleh sapuan awan panas yang dikeluarkan saat erupsi di Desa Sukameriah.

Sementara itu, sempat terjadi kesimpangsiuran berita terkait korban dan tindakan warga yang nekat menyambangi rumah yang tak jauh dari kawah Sinabung. Ini beberapa fakta dibalik bencana erupsi Sinabung.

Warga nekat langgar peraturan

Di hari yang sama, sejumlah warga nekat kembali ke kampung halaman dan melakukan aktifitasnya. Meskipun telah ada larangan agar warga tidak masuk mendekati kawah Gunung Sinabung dengan radius 5 kilometer. Berbagai rambu pelarangan, sosialisasi, serta penempatan petugas di jalan masuk sudah dilakukan. "Namun ternyata masih ada warga yang masuk di daerah berbahaya. Untuk itu perlu kerja sama bersama," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (1/2).

Reporter TVOne dikabarkan salah satu korban tewas

Daftar korban tewas yang dirilis oleh BNPB sontak mengagetkan pihak TVOne lantaran dikabarkan bahwa salah satu jurnalis media ini menjadi korban erupsi. Sesaat kemudian, Ecep Estiasa selaku General Manager Gathering TVOne membantah hal tersebut dan mengklaim bahwa Rizal Sahputra (23) adalah mantan karyawannya yang kini bekerja di Jurnal Medan.

Tiga korban luka tengah di rawat

Seperti dikutip dari Kompas, Sabtu (1/2), tiga orang korban selain 14 orang tewas mengalami luka dan tengah dirawat di Rumah Sakit Evarina Etaham Kabanjahe. Tiga korban luka itu adalah Sehat Sembiring (48), Surya Sembiring  (21), dan Doni Sembiring (65).  Sementara pencarian korban lainnya tengah dilanjutkan hari ini, Minggu (2/2).

Telah sekitar empat bulan lamanya para pengungsi Sinabung harus meninggalkan kampung halaman dan berbagai harta bendanya. Kondisi ini menjadi sebagian alasan bagi warga untuk kembali sejenak menengok kampung halamannya. Meski nahasnya, Sinabung kembali erupsi dengan sangat mengejutkan.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Angry Birds Jadi Burung Retasan NSA

5 Jagoan Sepakbola Ini Berhasrat Gemilang di Piala Dunia 2014

Antara Nomor Punggung 10 dan Ibrahimovic Bagi Anggun

Kerinduan Menjadi Mitra CBN Akhirnya Terwujud

Sumber : Kompas.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami