Lakukan Cara ini Jika Tidak Ingin Cepat Pikun

Lakukan Cara ini Jika Tidak Ingin Cepat Pikun

eva Official Writer
3562

"Hari gini sudah pikun."

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mengingat sesuatu atau bahkan peristiwa yang baru saja terjadi seperti Anda lupa menaruh kunci atau makanan apa yang baru saja Anda makan tadi siang? Tentu hal ini tidak hanya menjengkelkan namun juga dapat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Bayangkan di umur yang masih relatif muda dan produktif, Anda sudah mengalami "pikun dini" karena sering lupa?

Natalie Sweet, ahli sketsa Kepolisian Inggris berbagi tips bagaimana melatih dan mempertajam kinerja otak dalam mengingat suatu kejadian yang kadang hal ini tanpa disadari terlewat dari jangkauan perhatian kita:

1. Tenangkan Diri dan Munculkan kembali Ingatan Anda

Jika Anda kehilangan kunci, jangan panik. Hal itu hanya akan memperburuk keadaan. Setelah kita cukup tenang dan rileks, coba tutup mata Anda dan ingat kembali di mana terakhir kali Anda memegang kunci itu.

2. Berpura-pura Anda adalah penonton

Jika Anda masih memegang kunci saat masuk ke rumah, bayangkan diri Anda yang melakukannya. Selama dirinya bekerja menangani kasus sulit, Natalie selalu meminta saksi menggambarkan adegan dari mata penonton sehingga hal itu menghasilkan perspektif yang berbeda.

3. Fleksibel

Otak kita memiliki kemampuan luar biasa untuk mengunjungi kembali memori, maju dan mundur. Oleh karena itu, cobalah untuk mainkan kembali kejadian itu maju dan mundur hingga pikiran Anda mendapatkan petunjuk untuk menemukan kunci itu.

4. Jangan terburu-buru

Jika Anda masih belum dapat mengingat dimana Anda meletakkan kunci itu, maka jangan ‘memaksa’ otak untuk melakukannya. Lakukan secara perlahan-lahan dan tidak terburu-buru. Jika Anda tetap melakukannya, maka hal ini akan memicu matinya sel-sel otak.

Otak adalah organ tubuh yang paling vital dan sangat penting. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan otak Anda.

Sumber : Reader Digest

Ikuti Kami