Rahasia Sukses Bisnis Ala Pengusaha China
Sumber: Google

Investment / 1 February 2014

Kalangan Sendiri

Rahasia Sukses Bisnis Ala Pengusaha China

Lori Official Writer
22895

Sejak dulu orang China dikenal cukup Berjaya di bidang perdagangan. Buktinya, hingga kini para pegusaha China mampu menguasai pasar perdagangan baik di Asia maupun di Eropa.  Hampir rata-rata orang China sukses membangun usahanya.  

Mungkin banyak yang bertanya, rahasia bisnis yang diterapkan oleh para pengusaha China dalam mengembangkan kerajaan bisnisnya. Dan salah satu prinsip yang cukup memikat dari para pengusaha China adalah cara pandang bahwa berinvestasi adalah perjalanan dasar untuk menggapai kekayaan, sedangkan bunga tabungan takkan sanggup mmebawa kepada kekayaan.

Untuk lebih  memahami rahasia sukses pengusaha China simak beberapa poin berikut:

Berani menjadi pengusaha

Sejak dulu, etnis Tionghoa sudah dikenal memiliki jiwa bisnis. Alasannya, mereka berani menjadi pengusaha lantaran memandang bahwa menjadi pengusaha akan lebih berpeluang sukses dibandingkan hanya menjadi karyawan.

Menghargai waktu

Serupa seperti orang Eropa, orang China pun memandang bahwa waktu sangat penting. Mereka memiliki mental yang positif yakni, menghargai waktu dan menganggap bahwa bekerja adalah kepuasan dan tidak berbisnis adalah hal yang beresiko.

Pekerja keras dan gigih

Keberhasilan pengusaha China bukan lantaran  keahlian mereka dalam bidang perdagangan, namun merupakan hasil kerja keras, kesungguhan, keberanian, keyakinan, perencanaan, keringat, air mata, dan pengorbanan yang turut melibatkan seluruh anggota keluarga.

Pantang menyerah

Pengusaha China pada dasarnya tidak mengenal kata ‘gagal’. Sebab Kegagalan pertama tidak dapat melunturkan semangatnya, sebaliknya akan membuatnya semakin gigih. Kegagalan kedua dijadikannya pelajaran. Kegagalan ketiga menjadikannya lebih bijak. Kegagalan berikutnya menguji kesabaran dan ketabahannya.

Pengusaha China menjaga nama baik

Para pengusaha China menjunjung etika untuk tidak mengganggu dan menjelek-jelekkan kegiatan perdagangan orang lain. Meski tak dimungkiri bahwa persaingan tidak terlepas dari bisnis. Pedagang yang tidak mematuhi etika ini akan terkena sangsi. Perbuatan menjatuhkan perdagangan orang lain dianggap sebagai tindakan yang menyalahi aturan. Dengan itu, pengusaha China cenderung lebih memilih untuk menjaga citra diri karena apabila namanya sudah rusak, selamanya tak akan dapat dipercayai lagi.

Berbagai poin di atas adalah sebagian kecil dari kunci sukses bisnis raja dagang etnis China.  Mereka juga memiliki kesamaan prinsip dengan Eropa yaitu take it or leave it atau ‘ambil atau tinggalkan’. Bagaimana dengan cara bisnis Anda? Sudahkah menerapkan nilai-nilai yang sama? Semoga tulisan ini dapat memberi pencerahan yang baru. Salam sukses!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Menilik Sejarah Sukses Toko Buku Gramedia

Gereja Serukan Perdamaian Bagi Ukraina

Edy Suandi Hamid : 'Caleg' Rentan Stres Pascapemilu

Cara Sukses Buka Kios Buku Bekas

Empat Dagangan yang Laku Keras di Musim Hujan

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami