Pisang, Obat Ampuh Untuk Diare

Pisang, Obat Ampuh Untuk Diare

Lori Official Writer
34443

Tiba-tiba terserang diare selepas mengkonsumsi makanan yang tidak higienis lantaran telah terkontaminasi bakteri atau kuman, pasti menyebalkan bukan? Penyakit dengan sakit perut yang setengah mati ini sangat tidak nyaman.  

Penderita diare biasanya akan kehilangan banyak cairan tubuh, sehingga terjadilah dehidrasi dan badan lemas. Bila diare masih terbilang ringan, maka hanya diperlukan pengobatan ringan, yakni dengan mengkonsumsi pisang yang ampuh mengobati diare.

Kenapa pisang? Nah, menurut penelitian, pisang dikenal kaya dengan sejumlah gizi yang baik untuk diare dan sembelit, seperti:

# vitamin dan kalium : berfungsi untuk meningkatkan energi dalam tubuh dari kandungan glukosa atau gulanya.

# serat : berguna untuk memulihkan fungsi usus secara normal sehingga tinja yang berbentuk cairan dapat kembali normal

# kandungan potosium : baik untuk pencernaan dan menyembuhkan dehidrasi

Saat terserang diare, penderita biasanya dilarang untuk mengkonsumsi makanan atau jajanan pedas dan berminyak, dan lebih menganjurkan memakan makanan yang mengandung energi dan aman dilambung, seperti bubur. Ditambah dengan mengkomsumsi pisang, diare pasti akan segera sembuh. Sangat disarankan untuk memakan  pisang antara dua sampai tiga buah per hari, dan tidak baik bila berlebihan.

Meski terbilang ampuh, namun pisang hanya dapat menyembuhkan diare yang masih terbilang ringan saja. Bila diare ternyata sudah cukup parah, sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Penyakit diare tidak dapat dianggap remeh. Selamat menyantap si buah kaya gizi ini.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Anak Diare, Jangan Anggap Remeh!

Musim Hujan dan Banjir, Waspadai Penyakit Ini!

5 Makanan untuk Penderita Diare

Waspada Diare Saat Cuaca Ekstrim

Ahok: Saya Sikat Semua Rumah di Bantaran Sungai!

Kritikan untuk SBY: Pentingkan Partai Ketimbang Bencana

Superbook di Kota Batam Dihadiri Ribuan Peserta

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami