Vatikan: 400 Pendeta Dipecat Dalam Dua Tahun!

Vatikan: 400 Pendeta Dipecat Dalam Dua Tahun!

daniel.tanamal Official Writer
3168

Sebuah dokumen yang diperoleh Associated Press (AP) memperlihatkan data statistik tahun 2011 dan 2012 mengenai langkah pemecatan dari Vatikan selama kepemimpinan Paus Benediktus XVI kepada hampir 400 pendeta yang diklaim terlibat pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Paus Benediktus XVI yang terpilih pada 2005, mengambil kendali ketika skandal pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh para pendeta terungkap. Secara statistik jumlah pendeta-pendeta yang dipecat pada 2011 dan 2012 adalah lebih dari dua kali lipat para pendeta yang dipecat pada 2008 dan 2009 yakni 171 pendeta.

Selain itu derasnya tuduhan, tuntutan hukum, dan laporan resmi terhadap pelecehan dilakukan pendeta mencapai puncaknya pada 2009 dan 2010, di mana para pengamat mengatakan hal ini mungkin menjelaskan adanya lonjakan yang ditampilkan dalam dokumen itu.

Paus Fransiskus sendiri telah menyatakan bahwa skandal pelecehan seksual sebagai 'rasa malu bagi gereja'. Pada Desember lalu Paus asal Argentina itu mengumumkan bahwa sebuah komite Vatikan akan dibentuk untuk melawan pelecehan seksual terhadap anak-anak di gereja.


 Baca Juga Artikel Lain:

Vatikan: 400 Pendeta Dipecat Dalam Dua Tahun!

Vatikan: Paus Fransiskus Tolak Pernikahan Sejenis!

Harley Davidson Milik Paus Fransiskus Dilelang



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami