Paus Fransiskus Pecat 4 Kardinal Nakal Dari Bank Vatikan

Internasional / 16 January 2014

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Pecat 4 Kardinal Nakal Dari Bank Vatikan

daniel.tanamal Official Writer
4988

Empat dari lima kardinal dari Bank Vatikan yang dilanda skandal dipecat oleh Paus Fransiskus Rabu (15/1/2014). Sebelumnya keempat kardinal itu menduduki jabatan sebagai komisaris bank dengan pengangkatan oleh pendahulu Paus Fransiskus, yaitu Benediktus XVI, 11 bulan yang lalu.

Para kardinal yang dipecat tersebut akan digantikan oleh para pejabat baru yaitu Kardinal Toronto Christopher Collins, Kardinal Vienna Christoph Schoenborn dan Santos Abril y Castillo. Sementara Uskup Pietro Paolin akan menjadi menteri luar negeri Vatikan yang baru menggantikan Kardinal Tarcisio Bertone.

Untuk Bertone sendiri, sejumlah pengamat melihat bahwa kinerjanya begitu buruk dalam pengawasan sehingga memungkinkan adanya skandal keuangan dalam Bank Vatikan pada masa Paus Benediktus XVI, meskipun Bertone membela diri dengan mengatakan dirinya adalah korban dari tuduhan yang tak jelas asal-usulnya.

Bank Vatikan sendiri hampir ditutup oleh Paus Fransiskus jika dirinya tidak melakukan reformasi secara cepat. Inilah salah satu keputusan solutif dari Paus asal Argentina guna membersihakn Vatikan dari banyaknya pergumulan internal yang membelenggu tahkta suci itu berpuluh-puluh tahun lamanya.

 

 


Sumber : Tribunnews | Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami