Ini Penyebab Jakarta Selalu Banjir

Nasional / 14 January 2014

Kalangan Sendiri

Ini Penyebab Jakarta Selalu Banjir

daniel.tanamal Official Writer
3870

Pengamat tata kota, Tjuk Kuswartojo mengatakan bahwa masalah banjir di Jakarta adalah masalah yang kompleks, karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menurutnya banjir di Jakarta tergolong sulit diatasi dan akan terus terjadi.

"Faktor yang pertama yaitu kiriman dari selatan, curah hujan dan laut pasang. Juga penurunan kontur tanah. Dan itu semuanya rumit. Kondisi drainase di Jakarta sudah banyak yang tambal sulam. Padahal fungsinya bisa menyalurkan air yang melimpah dari selatan agar tak masuk ke Jakarta, ke laut," jelasnya seperti dirilis Okezone, Senin (13/1/2014).

Selain itu menurut Tjuk, sejumlah program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menanggulangi banjir tidak menjadi solusi. "Biopori atau sumur resapan itu tidak akan berefek apa-apa. Karena itu kecil sekali. Dan giant sea wall kan dibangun bukan untuk mengatasi banjir. Tapi menghalangi air pasang masuk ke Jakarta," tambahnya.

Untuk itu Tjuk tidak percaya Jakarta akan dapat bebas dari banjir. "Jakarta bisa bebas banjir? Saya tak percaya. Solusinya, kalau tidak mau kebanjiran,ya pindah saja. Dan yang paling utama yang bisa dilakukan pemerintah adalah memperbanyak penampungan air atau waduk," tandasnya.

 

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami