Lumpuhkan Bangkok, Ribuan Massa Desak PM Yinluck Turun Tahta
Sumber: Voaindonesia.com

Nasional / 13 January 2014

Kalangan Sendiri

Lumpuhkan Bangkok, Ribuan Massa Desak PM Yinluck Turun Tahta

Lori Official Writer
5178

Ribuan massa anti pemerintahan Yingluck Shinawatra tengah berupaya melumpuhkan aktifitas di Ibu Kota Bangkok hari ini, Senin (13/1). Massa dari kelompok anti Pemerintah dan Sekretaris Jenderal Komite Reformasi Rakyat Demokratik (PDRC) ini mendesak PM Yingluck turun tahta sebelum Pemilu pada 2 Februari 2014 nanti.    

Sebanyak 150 hingga 200 ribu massa mulai memblokade jalan-jalan di Ibu Kota. Selain itu, massa mengancam akan mengambil alih perkantoran pemerintah dan membangun sejumlah panggung untuk melakukan konvoi selama dua pekan ke depan. Kelompok yang dipimpin Suthep Thaugsuban ini menyerukan pembatalan pemilu dan meminta dibentuknya dewan rakyat.

“Kami akan berjuang, terlepas dari apakah kita menang atau kalah. Kami tidak akan berkompromi atau menerima negosiasi,” ujar Suthep.

Aksi ini sesungguhnya telah terjadi sejak November silam. Dimana sebanyak enam orang massa dan dua polisi dinyatakan tewas. Namun tampaknya massa akan terus mengobarkan api perlawanan dengan jalan melumpuhkan kota Bangkok dan menunggu pemimpin negara ini memilih mundur.

Sementara pemerintah telah menurunkan sebanyak 19 ribu pasukan keamanan ke titik-titik vital dimana massa berkumpul, dan berharap agar protes ini tidak menimbulkan kekacauan politik dan bentrokan besar seperti insiden yang menewaskan sedikitnya 92 nyawa pada 2010 lalu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada perubahan kondisi yang terjadi. Perdana Menteri Yinluck belum memberi pernyataan terbuka menanggapi protes atas rencana pembatalan pemilu yang dirancangkannya itu. Kondisi Thailand saat ini serupa seperti masa reformasi yang dialami oleh Indonesia pada 1998 silam.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Sam Berns, Penderita Progeria Yang Inspiratif Tutup Usia

7.367 Rumah di Jakarta Terendam Banjir

Pemimpin Kontroversial Israel, Ariel Sharon Tutup Usia

Inilah Titik Banjir Di Jabodetabek Pagi Ini

Kisah Harun Yusuf, Peramal yang Alami Kutukan

Amalia Thessen, Mahasiswi yang Sukses Berjualan di Kampus

Konselor CBN Siap Sedia 24 Jam Setiap Hari.


Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami