Sam Berns, Penderita Progeria Yang Inspiratif Tutup Usia

Nasional / 13 January 2014

Kalangan Sendiri

Sam Berns, Penderita Progeria Yang Inspiratif Tutup Usia

daniel.tanamal Official Writer
9278

Sam Berns, pemuda penderita progeria atau penuaan dini langka yang menjadi inspirasi bagi banyak orang atas perjuangan hidupnya ini tutup usia pada umur 17 tahun, Jumat (9/1/2014).

Sam yang menderita penyakit genetik yang langka bernama Hutchinson Gilford Progeria Syndrom ini dikenal sebagai pribadi yang tak kenal menyerah sepanjang hidupnya. Dengan berat hanya 22 kilogram dirinya tetap melakukan berbagai aktivitas normal seperti menjadi pelajar, bergabung dengan grup drumband di sekolahnya bahkan menghadiri pesta dansa.

Atas keteguhan hatinya ini Sam banyak diundang untuk menjadi pembicara di berbagai pertemuan. "Meski saya memiliki banyak hambatan dalam hidup saya, saya tak ingin orang-orang merasa buruk untuk saya," ujar dia.

Penyakit yang diderita Sam diperkirakan terjadi pada 1 dari 4 juta sampai 8 juta bayi. Namun, hanya sekitar 200 penderita yang bertahan hidup di seluruh dunia. Mutasi genetik menyebabkan penderita progeria menghasilkan protein progerin yang menghambat fungsi normal sel.

Anak-anak penderita progeria akan mengalami penuaan dengan cepat. Mereka kehilangan lemak tubuh dan rambut, serta tak punya kemampuan untuk menambah berat badan. Kondisi tersebut membuat mereka rentan mengalami pengeroposan tulang, osteoporosis.

"Untuk segalanya, saya tidak mau membuang energi untuk merasa buruk. Saya dikelilingi orang-orang yang saya ingin bersama mereka. Saya terus bergerak maju," ujarnya. Perjuangan hidupnya sendiri telah didokumentasikan oleh HBO, berjudul Hidup Menurut Sam.

Bersyukur, adalah sebuah sikap hormat kepada Tuhan atas apapun yang Dia berikan kepada kita. Banyak diluar sana, pribadi yang tidak seberuntung kita dalah hal fisik, materi dan sebagainya. Namun terkadang kisah perjuangan mereka menjadi penyelamat bagi hidup kita.

 

 

Baca Juga Artikel Lain:

Ini Alasan Kristen Koptik Rayakan Natal 7 Januari

Pembangunan Sebuah Gereja di Jambi Dihentikan

Pastor Perancis Dibebaskan Dari Boko Haram

Inri Christo Yakin Dirinya Reinkarnasi Yesus Kristus

Ini Alasan Utama Pendirian Patung Yesus di Nazareth

Skandal Korupsi, Ratusan Perwira Polisi Dipecat

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami