Bagaimana Menjalani Pernikahan yang Dijodohkan?

Bagaimana Menjalani Pernikahan yang Dijodohkan?

Lois Official Writer
8506

Di jaman sekarang ini, masih mungkin dan masih banyak orang yang menikah akibat perjodohan. Ada beberapa jenis perjodohan yaitu dari orangtua, saudara, teman-teman, ataupun biro jodoh. Dari manapun itu, ada beberapa hal yang harus dipelajari saat sudah memasuki rumah tangga. Mari kita belajar dari rumah tangga Ishak dan Ribka.

Syarat Utama yang Harus Dipenuhi

Di dalam Kejadian pasal 24, kisah bagaimana Ribka akhirnya dipinang bagi Ishak merupakan kisah yang cukup komplit. Pada waktu itu, Abraham menuruti perkataan Allah dan berniat mencari wanita yang sesuai untuk anaknya. Hal ini penting untuk diperhatikan. Orang yang dijodohkan dengan kita perlu memenuhi syarat utama seperti cinta Tuhan. Jika tidak, mulailah sama-sama belajar untuk menjadikan rumah tangga Anda berpusat pada Kristus.

Cinta Harus Ada di Antara Keduanya

Bagaimanapun juga, getaran itu diperlukan untuk menjadi pendamping seseorang seumur hidup. Jika cinta tidak ada, jika yang ada hanyalah rasa jijik, bagaimana bisa hubungan itu berjalan lancar?

Doa Lelaki Sebagai Imam Keluarga

Saat Ribka mandul, Ishak berdoa agar istrinya itu mengandung dan Tuhan menjawab doanya sehingga lahirlah Esau dan Yakub. (baca [kitab]kejad25:19-21[/kitab]) Diperlukan imam keluarga yang berdoa bagi istri dan anaknya untuk keluarga yang bahagia.

Jangan Pernah Membedakan Anak

Ishak sayang kepada Esau, Ribka sayang kepada Yakub. Pada akhirnya rasa sayang yang berlebihan pada salah satu anak itu membuat kedua anak tersebut ‘bersaing’ dan akhirnya Yakub dengan siasatnya dapat diberkati oleh ayahnya.

Ikuti Aturan Utama Dalam Berumahtangga

Entah itu akibat perjodohan, entah itu karena sahabat yang menjadi pasangan, ataukah akibat pertemuan tak disengaja, semua pasangan yang sudah menikah harus memiliki dan mengikuti aturan utama. Tidak berbohong kepada pasangan, terbuka, menghormati, setia, dan berkomitmen walau apapun yang terjadi.

Dengan begitu, kehidupan rumah tangga Anda dapat berjalan sebagaimana mestinya. Tidak ada rasa kuatir tapi pupuk terus kebersamaan. Jadikan rumah tangga Anda sebagai hal yang utama, setelah Tuhan.

 

Baca juga :

Antara Harta dan Cinta

7 Film Hollywood yang Berlatar Alkitab Rilis 2014

Testimoni : Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Forum : Kesaksian "Semua Baik"

Mengintip Peluang Usaha Sewa Lokasi

Urutan Pertumbuhan Gigi Bayi Sejak dari Kandungan

Penyebab, Ciri, dan Pengobatan Kusta

Mata Air Ajaib

Edensor, Kisah Cinta dan Mimpi Ikal di Negeri Orang

Sumber : alkitab by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami