Di Balik Nama Klub Basket NBA
Sumber: wftv.com

Nasional / 6 January 2014

Kalangan Sendiri

Di Balik Nama Klub Basket NBA

Budhi Marpaung Official Writer
17184

Bagi Anda para pecinta liga profesional bola basket Amerika Serikat, NBA, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama klub seperti Bolton Celtics, Chicago Bulls, Miami Heat, dan LA  Lakers? Namun tahukah Anda bahwa nama-nama klub ini memiliki sejarahnya?

Berikut adalah fakta seputar asal usul nama klub basket NBA yang dilansir NBA Behind The Name:

1. Bolton Celtics. Terilhami dari klub basket profesional Amerika Serikat pada era 1920-an, yaitu Original Celtics. Walter Brown, pemilik klub basket di London, memilih nama Celtics agar klub miliknya bisa seperti Original Celtics, klub dengan tradisi basket yang kuat. Sebelumnya, muncul pilihan nama Whirlwinds, Olympians, dan Unicorn.

2. Chicago Bulls. Richard Klein, pemilik pertama klub basket asal Chicago ini, memilih nama Bulls ketika timnya bergabung dengan NBA pada 1966. Bulls yang artinya sapi jantan menjadi lambang kekuatan. Nama Bulls juga dipilih karena Chicago dikenal sebagai kota pengepakan daging terbesar di Amerika Serikat.

3. Miami Heat. Ketika Miami menjadi bagian dari Waralaba NBA pada 1988, ofisial tim menyelenggarakan sayembara nama julukan, termasuk untuk menggaet penggemar basket di Florida Selatan. Muncullah 5.000 pilihan nama seperti Sharks, Barracudas, Flamingos, Heat, Tornadoes, dan Floridians. Tim ofisial kemudian memilih nama Heat.

4. Los Angeles Lakers. Nama Lakers berasal dari julukan kota Minneapolis, yaitu “The Land of 10.000 Lakes”, kota tempat lahirnya Minneapolis Lakers. Ketika klub tersebut pindah ke Los Angeles pada 1960, nama Lakers tetap melekat, meski danau di Lakers tak sebanyak Minneapolis.

5. Houston Rockets. Klub ini awalnya bernama San Diego Rockets. Nama Rockets, yang merupakan pemberian dari penggemar, diambil dari latar belakang Kota San Diego yang mengembangkan industri bidang luar angkasa di era 1960-an. Ketika pindah domisili ke Houston pada 1971, nama Rockets  tetap dipakai karena di kota ini terdapat pusat operasi program ruang angkasa milik NASA.

6. Utah Jazz. Jazz termasuk salah satu nama yang berasal dari kontes penggemar basket untuk klub basket di New Orleans pada tahun 1974. Setelah hasil buruk pada musim 1978-1979, pemilik New Orleans Jazz memutuskan untuk memindahkan markas ke Salt Lake Utah. Meski tak ada sejarah musik jazz di Utah, tetapi nama ini tetap dipakai hingga sekarang.

Demikian asal usul sejumlah klub di NBA. Semoga informasi ini semakin menambah wawasan dan kecintaan Anda terhadap dunia bola basket.  

 

Baca juga :

Mempersiapkan Liburan Tahun Baru yang Tak Terlupakan

Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Tahun Baru, Harapan Baru

Makanan Tahun Baru di Jepang

Kaleidoskop 2013 : 12 Aksi Nyata Jokowi-Ahok Benahi Jakarta (1)

Sumber : Koran Kompas / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami