Pemerintah DKI Tantang PNS Satu Hari Tanpa Kendaraan Bermotor
Sumber: Kompas.com

Nasional / 2 January 2014

Kalangan Sendiri

Pemerintah DKI Tantang PNS Satu Hari Tanpa Kendaraan Bermotor

Lori Official Writer
4897

Pemerintah DKI Jakarta baru saja mengeluarkan peraturan terkait pada kewajiban PNS DKI tanpa kendaraan bermotor tiap Jumat pekan pertama. Program ini akan dimulai sejak Jumat (3/1) esok.

Program ini bertujuan untuk mengajak para PNS turut andil dalam penggunaan transportasi massal ke kantor setiap Jumat. Peraturan ini telah dicanangkan pada surat Instruksi Gubernur nomor 150 tahun 2013 tentang penggunaan kendaraan umum bagi pejabat dan pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

"Mulai 3 Januari, mewajibkan kepada seluruh pejabat dan pegawai, agar dalam melaksanakan tugas ke tempat kerja menggunakan kendaraan umum dan dilarang menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Baik beroda empat maupun dua, dan juga kendaraan dinas operasional," tulis Jokowi dalam instruksi gubernur yang telah ditandatanganinya pada (30/12/2013) lalu, seperti dilansir Kompas.com, Kamis (2/1).

Bak gayung bersambut, program ini pun mendapat dukungan dari para PNS DKI. Seperti Asisten Perekonomian Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat Isnawa Adji berpendapat bahwa, “Program Pak Gubernur itu merupakan program keteladanan, agar pejabat mengajarkan masyarakat pakai kendaraan mum dan hemat BBM”.

Jenis kendaraan yang dilarang meliputi kendaraan roda dua dan roda empat. Terkecuali dengan ambulan, patrol jalan raya, pemadam kebakaran, Satpol PP, Penggulangan bencana BPBD DKI, penyiraman tanaman, pompa banjir, pegangkut sampah, pengangkut air kotor, perpustakaan keliling, operasi justisi, bus antar jemput pegawai dan kendaraan pelayanan masyarakat. Kiranya di bawah kepemimpinan Jokowi, persoalan ibu kota dapat terus dibenahi menuju kota metropolitan yang mampu menjamin kenyamanan hidup warganya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Fakta Dibalik Jatuhnya Helikopter RS Efarina Etham Berastagi

Gereja Malawi Disambar Petir, 8 Orang Tewas

Jelang Tahun Baru 2014, Ada Helikopter Jatuh di Karo

8 Peristiwa Besar Dunia Selama 2013 (2)

Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Sumber : Kompas.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami