Umat Kristen Dunia Perlu Bersatu Dalam Keragaman

Internasional / 19 September 2013

Kalangan Sendiri

Umat Kristen Dunia Perlu Bersatu Dalam Keragaman

daniel.tanamal Official Writer
4598

Salah satu kebutuhan utama umat Kristen dunia yang mendesak untuk dilakukan saat ini adalah persatuan didalam ragam tradisi Kekristenan yang begitu berwarna.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Umum Dewan Gereja Dunia, Pendeta Dr Olav Fykse Tveit dalam seminar bersama Global Christian Forum (GCF) 11 September lalu di Jenewa, Swiss. Dalam seminar itu hadir juga anggota organisasi ekumenis internasional lainnya.

Tveit merujuk pada surat Rasul Paulus kepada jemaat di Roma mengenai kebutuhan untuk menyambut satu sama lain, menghargai satu sama lain dan memanggil satu sama lain dalam kesatuan Kristen meskipun terdapat perbedaan dalam tradisi dan praktik.

“Dalam mencari kesatuan Kristen kita perlu menyadari pentingnya tanggungjawab bersama yang merupakan denyut nadi konsili ekumenisme. Dengan semangat ini, kita dapat mengubah tantangan menjadi peluang divisi dan bekerja bersama menuju keadilan dan perdamaian.”

Masih banyak sesama umat Kristen yang terpecah hanya karena perbedaan pemahaman, tradisi dan versi tanpa mampu melihat bahwa didalam perbedaan dan keragaman justru muncul kekuatan yang akan mampu memenangkan banyak jiwa bagi Kristus.

 

 


Sumber : oikoumene.org | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami