3 Pemicu Pertengkaran dengan Ipar Soal Anak

3 Pemicu Pertengkaran dengan Ipar Soal Anak

Lois Official Writer
4131

Ketika dua orang menikah, berarti ada dua keluarga yang bersatu. Kedua keluarga ini tentu mempunyai gaya dan kebiasaan sendiri-sendiri. Akibat pernikahan, mereka pun sedikit banyak diharuskan saling berinteraksi. Lantas, bagaimana jika di dalam interaksi itu kita merasa bahwa anak kita akan mendapatkan dampak buruknya? Nah, berikut ini ada beberapa hal yang biasanya terjadi jika sudah menyangkut ipar terhadap keluarga kecil kita :

Ipar Ikut Campur Mengurusi Anak

Entahkah masih tinggal serumah ataupun tidak, kadang kala ipar kita sibuk menasehati bagaimana harus mengurus anak, seolah-olah kita tidak tahu apa-apa. Tentu hal ini menjengkelkan. Namun, dalam hal ini, Anda dengan pasangan harus sama-sama berkomunikasi dan sebaiknya pasangan Andalah yang harus melakukan tindakan tegas, sesuai dengan keputusan Anda berdua, namun tetap harus menghormati ipar Anda tersebut.

Gaya Mengasuh Ipar yang Kurang Berkenan

Seringkali kita segan bertandang ke rumah ipar karena tahu bahwa anak-anak kita akan bertindak nakal di sana dan tidak makan makanan yang sehat, misalnya. Sedikit banyak hal itu disebabkan karena di rumah ipar Anda, gaya mengasuh iparlah yang dipakai. Misalnya saja, si ipar membiarkan anak-anaknya makan makanan cepat saji, sedangkan kita menganut pola asuh makanan sehat. Sesampai di sana, anak-anak kita yang bermain dengan anaknya akan ikut makan makanan cepat saji tersebut.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal itu adalah beri pengertian sebelumnya pada anak tentang makanan yang harus mereka makan dan Anda bisa memasak di rumah dan membawanya. Tawarkan makanan Anda kepada anak-anak ipar Anda atau Anda juga bisa memasak di tempatnya. Opsi lainnya, ajaklah keponakan-keponakan Anda lebih sering main di rumah.

Ipar Ikut Campur Pertengkaran Anak dan Akhirnya Merembet

Ada beberapa orang yang sangat protektif dengan anaknya sehingga ketika bertengkar dengan anak orang lain, termasuk anak kita, mereka akan langsung menyalahkan orangtua anak tersebut tanpa melihat masalah yang sebenarnya. Hal ini tentu perlu dihindari jika ingin tetap harmonis dengan keluarga besar. Kiat terbaik adalah jaga hubungan agar dekat lebih dahulu sebelum akhirnya membiarkan anak terlalu dekat dengan anak-anaknya. Berbuatlah semaksimal mungkin untuk mereka, jangan pernah berpikir untung rugi.

Itulah tiga faktor utama yang dapat memicu pertengkaran Anda dengan ipar mengenai asuh anak. Selain itu, tentu ada faktor lain yang dapat menyebabkan ketidakharmonisan Anda dengan ipar Anda, baik itu kakak ataupun adik ipar. Jadi, kasihilah mereka tanpa syarat dan dengan tulus hati. Refleksikan firman Tuhan dan jadilah berkat buat mereka.

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami