Ga Mau Gampang Sakit? Cuci Seprai Secara Teratur

Ga Mau Gampang Sakit? Cuci Seprai Secara Teratur

Lois Official Writer
4352

Bagi beberapa orang, mencuci adalah kegiatan yang paling malas dilakukan, apalagi mencuci selimut atau seprai. Namun, jika itu Anda, coba baca ini dan cara pandang Anda pun bisa berubah. Sebab malas mencuci seprai akan meningkatkan resiko sering sakit yang tentu mengganggu kita.

Sebuah studi di Inggris menyatakan seperempat orang Inggris tidak mengganti seprai mereka setidaknya enam bulan. Hanya 17 persen responden yang mengganti seprai setiap minggu, 28 persen mengakui mereka hanya mencuci seprai sebulan sekali. Yang lebih memprihatinkan 24 persen warga Inggris tidak mengganti seprai selama lebih dari 6 bulan.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa perempuan lebih buruk dalam mengurus rumah dibanding laki-laki. Ada 19 persen pria yang mengaku mengganti perlengkapan tempat tidur mereka setiap minggu, sementara perempuan hanya berjumlah 15 persen.

Ternyata, tempat tidur yang kita pakai setiap hari adalah sarang kuman. “Memiliki kamar yang bersih dengan mengganti seprai akan jauh lebih baik daripada sekadar mengganti baju Anda,” ucap Dr. Adam Fox, seorang ahli alergi anak di sebuah rumah sakit pendidikan terkemuka di London, seperti dikutip dari Dailymail.

Sepertiga hidup manusia dihabiskan dengan tidur, tentu saja hal itu membuat serpihan kulit mati ataupun bagian kecil tubuh lainnya menempel di ranjang. “Tubuh kita menumpahkan jutaan sel-sel kulit setiap hari, banyak yang melekat ketika kita tiduri dan itu terkumpul di tempat tidur kita,” jelasnya. Selain sel kulit, tubuh manusia juga mengeluarkan cairan seperti keringat dan minyak selama tidur. Tidak hanya itu, debu, kotoran dan makhluk mikroskopis juga sarat dapat mengganggu kesehatan.

Satu-satunya cara yaitu dengan mencuci seprai secara teratur.  Seprai setidaknya perlu dicuci setiap minggu. Cuci bantal setidaknya dua kali setahun karena bantal dapat menjadi tempat berkumpulnya jamur, ragi, dan bakteri. Jika belum pernah mencuci bantal selama bertahun-tahun, pertimbangkan untuk membuangnya dan membeli yang baru. Jika sedang merawat orang sakit, cucilah seprai setiap hari sehingga si sakit tidak tidur di tempat yang penuh kuman atau ganti sarung bantal setiap hari juga sudah cukup. Berikut ini cara mencuci seprai :

1. Cuci dengan air panas bersabun dan biarkan mengering sepenuhnya dalam pengering.
2. Jangan mencucinya bersama pakaian karena akan merusak seprei atau menyebabkan luntur.

3. Jika seprei terkena noda, bersihkan dulu sebelum dicuci.

4. Untuk cara alami mencerahkan seprai putih, tambahkan seperempat cangkir jus lemon ketika mencuci dengan air hangat.

5. Perhatikan suhu pengeringan, panas tinggi dapat menyebabkan serat kain rusak.
6. Gulunglah seprei ketika menempatkan ke dalam mesin cuci. Ini akan mencegahnya meregang dan kehilangan bentuk.

Nah, sekarang Anda bisa menikmati tidur yang nyaman dan sehat tanpa perlu kuatir terkena penyakit yang mengganggu. Aktifitas setelah bangun tidurnya pun dijamin akan lebih segar. Selamat mencoba.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami