William Tanuwijaya, Bangun Tokopedia Dari Nol

William Tanuwijaya, Bangun Tokopedia Dari Nol

Budhi Marpaung Official Writer
8778

Mungkin tak banyak dari Anda yang mengetahui William Tanuwijaya. Namun, bagi yang suka berselancar di dunia maya pasti sudah tidak asing lagi dengan Tokopedia.com, salah satu jaringan toko daring yang sedang berkembang beberapa tahun terakhir.

Ya sebagai informasi kepada Anda, William merupakan salah satu pendiri dari Tokopedia.com. Bersama dengan Leontinus Alpha Edison, ia membangun perusahaan berbasis bisnis e-commerce (perdagangan online) ini.

Seperti halnya para entrepreneur atau wirausahawan-wirausahawan yang lain, awal William menjalankan usahanya penuh dengan tantangan. Adapun masalah terbesar yang dihadapinya adalah ketiadaan dana.

Berulang kali ia mempresentasikan gagasannya kepada calon pemilik modal, berulangkali pula idenya untuk membangun marketplace di dunia maya ditolak mentah-mentah oleh calon pemilik modal.

“Dari 2007 sampai 2009 saya bertemu banyak orang bermodal besar di Indonesia, tetapi tidak ada satupun yang tertarik,” demikian ungkap lulusan Teknologi Informasi Universitas Bina Nusantara, 2003, itu.

Adapun pertanyaan yang sering ditanyakan pengusaha kakap kepada William : apa bisa marketplace buatan Indonesia bersaing dengan marketplace buatan luar negeri. Kemudian pertanyaan lain yang kerap diajukan kepadanya adalah buat apalagi membuat teknologi yang pada dasarnya sudah pernah dibuat, bahkan terbukti gagal?

Terhadap semua keraguan-keraguan itu, William hanya menjawab bahwa marketplace bukanlah ide baru karena sudah banyak negara menerapkan model tersebut. Namun, model itu belum ada di Indonesia. Bagi William, pertanyaan-pertanyaan itu memang sulit dijawab. Mudahnya hanya bisa dibuktikan.

Seiring berjalan waktu, secercah sinar ia dapatkan. Pada 2009, datang investor yang tertarik memberi dana awal kepada Tokopedia. Si Investor, PT Indonusa Utama, memberikan dana pendirian PT Tokopedia yang resmi berdiri pada 6 Februari 2009. Produk tokopedia.com menyusul resmi lahir pada 17 Agustus 2009.

Sejalan dengan semakin banyaknya penjual yang memperoleh keuntungan, penjual yang terdaftar di tokopedia.com hingga Juni 2013 lalu adalah sebanyak 60.000. Dari jumlah itu, sebanyak 12.000 penjual sudah melakukan transaksi. Tercatat 670.000 produk ada di tokopedia.com .

Selama empat tahun membesarkan PT. Tokopedia, Wiliam mendapatkan banyak pelajaran berharga. Sebagai anak rantau dari Pematang Siantar, Sumatera Utara, ia bisa mengetahui dan memahami bagaimana membangun bisnis dari nol, lalu belajar budaya-budaya luar dari investor, serta belajar ke perusahaan-perusahaan besar di luar negeri.

“Cita-cita saya sangat besar. Mimpi saya Indonesia punya perusahaan internet lokal yang bisa membantu industrinya,” pungkas William.


Baca juga :

Tips Membangun Hubungan Antara Orang Tua dan Anak Tiri

Kartu Kredit : Berhutang Tanpa Malu-Malu   

Unstoppable Love, Lagu Curhat Tentang Kasih Tuhan yang Menarik Hati

Cerita Abraham Lincoln Dengan Seorang Pengacara Senior

Christ is Enough

5 Tips Menghilangkan Sakit Punggung

Sumber : bisnis-jabar.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami