Google Merintis Tablet Kafe di Senegal, Mau Menirunya?
Sumber: Getty Images

Investment / 19 June 2013

Kalangan Sendiri

Google Merintis Tablet Kafe di Senegal, Mau Menirunya?

Puji Astuti Official Writer
5719

Trend pergi ke warnet saat ini sepertinya sudah mulai menurun bersamaan dengan merebaknya smartphone dan juga tablet murah di Indonesia. Namun tidak semua kalangan bisa menikmati gadget yang terbilang merupakan barang mewah itu loh, karenanya ide bisnis yang sudah dicoba oleh Google Afrika yang bekerjasama dengan seorang pengusaha lokal untuk membuat warnet tablet ini merupakan ide yang menarik.

Di kota Dakar, ibukota negara Senegal, sebuah kafe internet hasil kerjasama antara Medoune Seck dengan Google dibuka dengan nama Tablette Cafe. Tidak seperti warnet biasa dimana berjejer meja berisi LCD monitor dan komputer desktop, Tablette Cafe tampil dengan sofa empuk dan meja dimana para pengunjung bisa minum kopi sambil berinternet ria dengan tablet pilihan.

Dibandrol uang sewa yang cukup murah, hanya 80 sen dalam mata uang dolar atau sekitar Rp.8000 per jamnya, pengunjung sudah bisa menggunakan komputer tablet jenis iPad atau Samsung.
"Ini adalah kafe tablet pertama di dunia," demikian klaim Direktur Google Afrika, Tidiane Deme yang dikutip Yahoo.com dari AFP.

Medoune Seck  sendiri bukanlah pemain baru dalam bisnis warnet, sekitar enam tahun lalu ia telah membangun warnet yang diberi nama Equinoxe, namun karena listrik yang sering padam dan tingginya tagihan membuatnya harus gulung tikar. Namun dengan munculnya tablet komputer yang memakai daya listrik yang kecil serta koneksi internet langsung menggunakan data dari telephone seluler, Seck yakin bisnisnya akan berkembang dengan baik.

"Tabulette Cafe akan mempopulerkan kembali warnet di Afrika," demikian ungkap Seck.

Kini Tabulette Cafe menyediakan 15 tablet bagi pelanggannya, selain mendapatkan keuntungan dari penyewaan tablet dan internet, pengusaha cafe internet juga bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan makanan dan minuman.

Tablet Samsung maupun iPad saat ini paling rendah sekitar 4-5 juta rupiah. Untuk itu untuk perangkat, tentunya harganya hampir sebanding dengan komputer desktop. Sedangkan untuk jaringan dapat dibuat dengan sistem wi-fi, serta membuat ruangan dengan suasana nyaman seperti layaknya kafe sangat penting untuk menarik pelanggan.

Bagaimana dengan Anda, apakah tertarik untuk mengaplikasikan tablet kafe di daerah Anda sendiri?

Baca juga artikel lainnya :

Sukses Menjalankan Bisnis Online Shopping

5 Gereja Teratas Yang Menggunakan Media Sosial Terbaik

Nick Friedman, Awali Bisnis Waralaba di Kampus

Mengungkap 6 Mitos Tentang Tidur

Ada Apa Dengan Anak Dan Remaja Di Usia 4-14 Tahun?

Sumber : Yahoo.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami