Gaji Bulanan Cepat Habis? Ini Sebabnya!

Career / 15 June 2013

Kalangan Sendiri

Gaji Bulanan Cepat Habis? Ini Sebabnya!

daniel.tanamal Official Writer
4664

Dominasi kaum pekerja saat ini merasa frustasi karena tidak mampu mengelola keuangannya. Salah satunya adalah frustasi mengapa gaji bulanan mereka cepat habis. Mengapa hal ini bisa terjadi, perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie dalam buku keduanya berjudul Make It Happen!, punya jawabannya!

Menurutnya, ada tiga akar permasalahan yang menyebabkan kondisi ini:

50 persen tak bisa bedakan simpanan, tabungan, investasi.
Sebanyak 50 persen orang tidak bisa membedakan simpanan, tabungan, dan investasi. Kebanyakan karyawan menerima gaji di sebuah rekening tabungan. Semestinya dalam tabungan lebih banyak mutasi kredit dan hanya didebit sesekali saat untuk mendanai tujuan finansial yang telah ditetapkan.

Namun realitanya, jumlah mutasi debit lebih banyak dibandingkan mutasi kredit. "Yang selama ini Anda anggap tabungan sebenarnya adalah simpanan yang memang harus habis setiap bulannya," ungkapnya.

Jadi tak perlu heran jika saldo di rekening tabungan cepat habis. Karena sebenarnya dana yang ada merupakan simpanan, bukan tabungan dan investasi.

18 persen hobi berutang.

Golongan ini paling doyan belanja pakai kartu kredit. Bahkan menjadikan tambahan limit kartu kredit sebagai tambahan penghasilan.

33 persen bergaya hidup tinggi.
Tak bisa dipungkiri, menjalani gaya hidup tinggi menjadi penyakit kalangan urban di kota besar. Tak mudah bagi masyarakat kota untuk tidak mengikuti gaya hidup.

Untuk mengatasi masalah ini, Prita menyarankan membagi tiga rekening. Pengeluaran dapat dibagi menjadi tiga, yakni:

1. Living. Mencakup pengeluaran rutin untuk makan, belanja bulanan, biaya rumah tangga, biaya utilitas seperti listrik, telepon, dan langganan TV, juga biaya sekolah anak. Jika punya cicilan utang, pengeluaran ini termasuk untuk utang KPR, kartu kredit atau utang pribadi lainnya.
2. Saving. Mencakup alokasi rutin untuk menabung dan investasi.
3. Playing. Mencakup pengeluaran untuk hiburan, liburan, keanggotaan olahraga, langganan majalah, bantuan untuk saudara, hadiah serta aktivitas sosial.

 

 


Sumber : kompas female
Halaman :
1

Ikuti Kami