6 Kiat Jitu Hadapi Kenaikan Harga BBM
Sumber: traffline.com

Entrepreneurship / 12 June 2013

Kalangan Sendiri

6 Kiat Jitu Hadapi Kenaikan Harga BBM

andreas rumata simanjuntak Official Writer
4802

Meskipun ditentang oleh banyak pihak, pemerintah Indonesia tampaknya tetap akan mengurangi subsidi BBM. Dengan demikian, harga BBM bakal meningkat dan biasanya harga-harga produk lain juga ikut-ikutan melonjak naik.

Kekhawatiran mungkin muncul karena Anda bingung bagaima mengatur pengeluaran perbulannya. Belum lagi pajak, cicilan-cicilan dan tagihan yang harus dibayar. Namun, Anda tidak perlu terlalu takut karena ternyata ada tips untuk menghadapi  kenaikan harga BBM. Berikut ini 6 kiat jitunya :

1. Tenangkan diri Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menenangkan diri. Disaat kepanikan mulai menghinggapi Anda, segera usir jauh-jauh pikiran yang negatif. Fokuslah kepada hal-hal yang bisa Anda lakukan kedepan. Kepanikan tidak akan menyelesaikan persoalan apapun. Yakinkan diri Anda bahwa Anda pasti bisa meyikapi keadaan ini dan menyelesaikannya.

2. Tetap Menabung

Walaupun pengeluaran bertambah akibat kenaikan BBM, jangan berpikir untuk mengurangi bahkan menghentikan tabungan Anda. Tetaplah menabung karena mengurangi tabungan justru akan memperparah keuangan Anda. Masih banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi pengeluaran, selain memangkas tabungan Anda.

3. Atur Kembali Anggaran

Susun ulanglah kembali anggaran (budget) Anda. Contoh sederhana, jika sebelumnya Anda punya anggaran transportasi sebesar Rp. 1 juta dan anggaran hiburan sebesar Rp. 1 juta, dengan asumsi kenaikan BBM sebesar 50 persen,  Anda harus relokasikan 50 persen anggaran hiburan ke anggaran transportasi. Anggaran untuk hiburan tetap ada, tapi jumlahnya hanya 50 persen dari 1 juta, yaitu sebesar Rp. 500 ribu. Sementara anggaran transport akan tetap mendapatkan jumlah liter yang sama meskipun secara nominal naik menjadi Rp. 1,5 juta.

4. Atur Pemakaian Mobil Pribadi

Aturlah kembali kapan Anda harus menggunakan mobil Anda, dan kapan untuk menggunakan transportasi umum. Bila Anda memiliki rekan kerja yang rumahnya dekat dengan Anda, menumpang atau nebeng mungkin menjadi pilihan yang patut dilakukan. Bepergian dengan menggunakan motor tampaknya sesekali dapat digunakan untuk berangkat ke tempat kerja karena selain bisa menghindari macet, penggunaan bahan bakarnya pun lebih hemat.

5. Hentikan Langganan TV Kabel Anda

Anda Memiliki anggarang tetap per bulannya yang tidak bisa dikurangi seperti tagihan listrik, cicilan mobil, cicilan rumah, uang kontrakan, dll? Jika pengeluaran ini tidak dapat dikurangi, Anda bisa memilih untuk mengurangi kebutuhan lainnya. Salah satunya adalah dengan berhenti berlangganan TV kabel.

6. Mencari Penghasilan Tambahan

Jangan pernah ragu untuk memulai bisnis! Meskipun berat untuk memulainya, pada akhirnya Anda bisa memperoleh ‘pertolongan’ dari laba usaha yang Anda dapatkan. Anda bebas memilih usaha apa saja untuk mendapat penghasilan tambahan. Berjualan pulsa di kantor, menawarkan produk kecantikan, dll tentunya menarik untuk dicoba.

Pemerintah Indonesia telah berulang kali mengurangi subsidi BBM untuk masyarakat dan Anda telah melihat banyak orang yang mampu menghadapinya. Jika mereka saja bisa, Anda pun pasti bisa.

 

Baca Juga :

Tips Hemat di Tempat Kerja

Magang Pada Masa Liburan Siapkan Anda Menuju Dunia Kerja

Tips Liburan ala Backpacker

Jelang Indonesia vs Belanda: Tim Oranje Bakal Kunjungi Kota Tua


Sumber : jawaban.com / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami