Lakukan Mastektomi, Keindahan Wanita Berkurangkah?

Lakukan Mastektomi, Keindahan Wanita Berkurangkah?

Lois Official Writer
4499

Baru-baru ini Angelina Jolie mengumumkan dirinya melakukan mastektomi atau pengangkatan payudara. Hal ini dikarenakan dari hasil pemeriksaan, kemungkinan dia terkena kanker payudara adalah 87 persen sehingga dia melakukan mastektomi terhadap kedua payudaranya. Hasilnya, sekarang kemungkinan itu turun menjadi di bawah 5 persen. Tapi sebagai wanita, tentu adalah hal yang sulit membayangkan bagaimana tidak lagi memiliki payudara. Mari kita lihat dulu apa itu mastektomi dan apa yang harus diperhatikan untuk payudara.

Kanker payudara dapat dideteksi sejak dini. Selain dengan melakukan gerakan SADARI (Periksa Payudara Sendiri), kanker payudara juga dapat dideteksi dengan pemeriksaan medis menggunakan alat USG atau mamografi. Pemeriksaan payudara yang dilakukan di rumah sakit pun tidak memakan biaya terlalu mahal. USG sekitar Rp 300 ribu sedangkan mamografi Rp 400-500 ribu dan diperiksa setahun sekali.

Mastektomi adalah tindakan pencegahan payudara dengan cara meangkat jaringan payudara seutuhnya dengan menyisakan jaringan kulit dan puting. Pembelahan yang dilakukan pada payudara biasanya mengarah ke ketiak atau di bagian bawah payudara setelah itu baru diisi dengan implan. Perlu diingat, walau sudah melakukan mastektomi, resiko kanker masih tetap ada meski persentasenya sangat kecil.

Menurut dr Drajat Suardi, SpB(K) Onk, seorang ketua perhimpunan onkologi (sub bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker), wanita tidak perlu takut ketika melakukan mastektomi. Dokter akan tetap memikirkan estetika / kecantikan dari aset berharga yang dibanggakan para wanita itu.

Memang hal yang tak mudah, apalagi payudara merupakan sumber kehidupan sekaligus sumber kebanggaan bagi seorang wanita. Namun, jika membahayakan kesehatan, ada baiknya mastektomi dipikirkan sebagai jalan keluar. Namun, baik-baiklah menjaga tubuh yang sudah dipercayakan Tuhan kepada kita ini.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami