5 Kasus Fobia Unik Menyangkut Kesehatan

5 Kasus Fobia Unik Menyangkut Kesehatan

Lois Official Writer
7475

Ternyata ketakutan bisa menimbulkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika ketakutan itu terus berlangsung dalam kondisi tertentu. Berikut ini beberapa kasus fobia yang unik seputar masalah kesehatan manusia, ini ulasannya :

Fobia Toilet

Suara yang muncul saat menyiram bekas buang air besar ataupun kecil membuat wanita ini lari ketakutan. Ney Decino (20) asal Inggris, memiliki fobia ini sejak umur 4 tahun. Jika mendengar suara tuas flush, dia merasa seolah-olah ikut tenggelam di dalamnya. Untuk itu, harus selalu ada orang lain yang menarik tuas untuknya, dalam hal ini ibunyalah yang paling sering membantu.

Adapun fobia ini muncul dari tayangan TV berjudul Look Who’s Talking yang ditontonnya pada umur 4 tahun. Dalam film itu, ada karakter The Toilet Man yang berwujud toilet menyeramkan dengan mata dan taring besar, berambut biru, dan bisa bicara. Karena takut pada karakter tersebut, membuat Decino sampai sekarang fobia. “Di sekolah dulu, saya harus menahan pipis berjam-jam menunggu waktu pulang. Toilet di rumah adalah satu-satunya toilet paling nyaman untuk digunakan, itu pun saya tetap tidak berani menyiramnya sendiri,” kata Decino.

Takut Tidur

Ketakutan yang disebut somniphobia ini menyebabkan penderitanya mengalami mimpi buruk yang terus berulang hingga beberapa hari. Hal ini membuat penderitanya cemas dan depresi. Kurang tidur pun menyebabkan penderitanya lelah, kantuk parah, gemetar, denyut jantung lebih cepat, hingga sesak nafas.

Takut Pada Sinar Matahari

Sinar matahari di pagi hari khususnya banyak mengandung vitamin D. Karena itu sebabnya mengapa bayi diajak berjemur di pagi hari, agar tubuhnya kuat dan sehat. Namun, ternyata ada penderita yang takut sinar matahari atau disebut heliophobia. Biasanya mereka akan keluar rumah di malam hari saja dan ini membuat penderitanya diberi julukan ‘vampir’ karena rasa takutnya tersebut.

Kinesiofobia, Fobia Olahraga

Olahraga membuat hidup lebih sehat, namun ternyata ada orang yang punya ketakutan akan olahraga atau yang juga disebut fobia bergerak ini. Tentu saja fobia ini termasuk parah, terutama jika si penderita juga menderita penyakit jantung koroner, yang mengharuskan penderitanya banyak bergerak / olahraga.

Fobia Kotor

Kesehatan dan kebersihan memang perlu dijaga, namun jangan sampai hal itu membuat kita takut akan hal kotor. Orang fobia kotor akan merasakan jijik yang luar biasa terhadap hal / benda yang dia anggap kotor tersebut. Sayangnya, menurut sebuah studi terbaru, rasa jijik dapat membuat penderita menderita gangguan seksual, karena aktivitas tersebut menjijikkan karena cairan bercampur dengan bagian tubuh lain. “Rasa jijik itu bisa datang terlebih dahulu lalu memicu keengganan pada otot pinggul atau mungkin gangguan seksual sebelumnya berkontribusi memunculkan rasa jijik terhadap prose situ,” terang Mark van Overveld, peneliti dari Erasmus University Rotterdam.

Itu beberapa ketakutan yang sangat mengganggu kesehatan kalau diteruskan. Ketakutan memang dapat mendatangkan kesengsaraan. Ada banyak ketakutan lainnya yang manusia alami, tapi jangan biarkan ketakutan itu menguasai kita.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami