Kardinal Palsu Susupi Konklaf Vatikan

Internasional / 6 March 2013

Kalangan Sendiri

Kardinal Palsu Susupi Konklaf Vatikan

daniel.tanamal Official Writer
3638

Pihak keamanan Vatikan kecolongan ketika seorang warga sipil yang menyamar menjadi seorang Kardinal palsu mencoba menyusup kedalam pertemuan para perwakilan Kardinal dunia dalam rangka pemilihan paus terbaru atau konklaf. Hanya beberapa saat, pihak keamanan Vatikan yaitu pasukan Garda Swiss langsung menyadari dan membekuknya.

Kardinal palsu yang berhasil menyusup itu adalah Ralph Napierski. Didalam web pribadinya, Napierski mengklaim sebagai uskup dari sebuah organisasi Katolik yang disebut Corpus Dei, yang sedang memerangi ajaran sesat dan gerakan palsu di dalam Gereja Katolik Roma.

Napierski berhasil menyusup ke Vatikan, Senin (4/3) dan memperkenalkan dirinya bernama Basilius dan sempat berjabat tangan dengan Kardinal lainnya. Pasukan Garda Swiss yang mencurigai dirinya akhirnya menyadari bahwa Napierski adalah Kardinal palsu yang terlihat dari jubah yang kependekan, kalung salib yang tidak biasa, dan selempang ungu yang sebenarnya hanya sebuah syal.

Selain itu bukannya mengenakan kopiah (skullcap), Napierski justru memakai topi fedora yang tampak aneh. Napierski langsung diamankan oleh pihak keamanan.

Dilaporkan media setempat, sebelum ketahuan Napierski sempat berbicara kepada wartawan bahwa dirinya adalah anggota Gereja Ortodoks Italia dan mengatakan bahwa Gereja Katolik telah membuat 'kesalahan serius' dengan mengizinkan para pastor yang dituduh melakukan kejahatan seks pindah ke paroki-paroki yang berbeda di tempat lain dan menutupi-nutupi skandal itu.

 

 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami