Berbagai Problem Anak Dan Cara Penanganan Orangtua

Parenting / 5 March 2013

Kalangan Sendiri

Berbagai Problem Anak Dan Cara Penanganan Orangtua

Lois Official Writer
6657

Anak merupakan buah hati yang membuat Anda berkorban apa saja baginya. Namun, seringkali anak dapat menimbulkan masalah yang dapat membuat Anda ketar-ketir dan resah. Masa-masa anak bertumbuh membuat mereka rentan. Kondisi ini yang membuat orangtua kuatir. Berikut ini 10 masalah yang bisa membuat orangtuanya blingsatan :

Obesitas

Obesitas terjadi jika asupan kalori yang masuk lebih besar dibanding yang keluar. Obesitas terjadi saat anak menghabiskan banywak waktu di depan komputer atau televisi, sering mengkonsumsi makanan junk food, ditambah lagi jarang beraktifitas fisik. Biasakan anak-anak bermain di luar ruangan dan melakukan aktifitas yang lebih melibatkan fisik.

Merokok

Anak-anak memiliki rasa tahu yang besar sehingga mereka mencoba sesuatu yang baru termasuk rokok. Jika tidak dicegah, maka anak-anak akan terus melakukannya sampai dewasa.

Pornografi

Mezbah keluarga merupakan cara ampuh untuk mencegah hal ini, namun tidak cukup sampai di situ. Perlu ada perhatian khusus saat penggunaan internet oleh anak. Misalnya saja, letakkan komputer di ruang tamu dan bukan di kamar anak. Cegah juga dengan memblokir alamat-alamat internet yang dinilai vulgar dan terus perhatian apa yang dibaca dan dilihat si anak.

Kekerasan

Seringkali anak mengalami kekerasan ataupun pelecehan di sekolah tanpa pernah mereka ungkapkan. Lihatlah perilaku anak. Anak biasanya bertindak ceria. Setidaknya untuk anak yang kalem sekalipun, mereka selalu terbuka. Jika keterbukaan tidak mereka berikan, pasti ada sesuatu yang mereka sembunyikan. Bicarakan baik-baik, mungkin secara sambil lalu tanpa setahu anak.

Pelecehan Seksual

Kita mendengar banyak kabar tentang pelecehan seksual yang terjadi pada anak maupun wanita. Mereka biasanya tutup mulut karena merasa bahwa itu salah mereka atau merasa mereka tak berguna. Jika hal ini terjadi, ajak anak bicara terutama oleh sang ibu. Saat ini jangan pikirkan bagaimana perasaan Anda tapi perasaan anak. Berikan mereka pengarahan dan persepsi yang membuat mereka bisa menerima keadaan dan memperbaiki hubungan Anda dengan anak hingga lebih intim lagi sehingga tahu apa yang terjadi dan mereka mau menceritakannya pada Anda.

Penyalahgunaan Obat Terlarang

Umumnya efek dari obat-obatan ini hanya sementara bersifat menenangkan, namun kemudian membuat ketagihan. Efek jangka panjangnya menyebabkan overdosis dan menyebabkan gangguan kesehatan seperti kerusakan otak, HIV/AIDS, atau hepatitis. Berbicara dari hati ke hati merupakan cara yang terbaik, tunjukkan bahwa mereka berharga, dan bombing mereka ke arah yang benar dan bukan menyalahkan.

Kehamilan Usia Muda

Masalah yang satu ini tentu sangat memusingkan orangtua. Anak-anak yang mengalami hal ini jangan ditambah lagi dengan rasa bersalah, jika tidak suatu hari bisa melakukan sesuatu yang merugikan diri mereka, seperti menggugurkan di tempat yang tidak steril sehingga membahayakan nyawa mereka. Ada baiknya hadapi masalah ini dan carikan jalan keluar terbaik, menikahkan kedua orang yang bertanggung jawab tersebut ataupun hal terbaik lainnya.

Ingat, anak merupakan buah hati yang sedang berkembang. Bagaimana perkembangan mereka, tentu menjadi tanggung jawab kita untuk membesarkannya. Sebelum mereka menjadi bejana, bentuklah terlebih dahulu dengan tangan Anda, namun untuk tujuan yang telah Tuhan sediakan baginya.

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami