Faktor Penentu Anak Bisa Tampil PD

Faktor Penentu Anak Bisa Tampil PD

Lois Official Writer
3593

Rasa percaya diri atau yang biasa disebut PD, dapat membuat anak bersikap positif sehingga lebih mudah mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Hal ini tentu membuat anak semakin berkembang. Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat menentukan anak tampil PD, yaitu :

Biarkan Anak Melakukan Kegiatan Positif Sebanyak Mungkin

Biarkan anak melakukan banyak hal yang dia sukai, selama itu memang positif. Langkah ini dilakukan untuk melihat seberapa minat anak pada suatu hal. Dari banyak hal yang dilakukan tersebut, pasti akan menambah wawasan dan pengalaman baru.

Kembangkan Hal Positif dari Anak

Jika Anda telah menemukan bakat maupun kesukaan anak pada bidang tertentu, selalu kembangkan hal tersebut. Langkah ini dimaksudkan untuk membangun citra yang baik dalam dirinya.

Berikan Anak Arahan yang Tepat

Jika dia menyukai beberapa kegiatan, sebagai orangtua Anda dapat mengarahkannya pada kegiatan-kegiatan tersebut sehingga anak tetap fokus dan bersemangat saat menjalankannya. Langkah ini dapat mengasah rasa percaya diri anak karena dia bisa melakukan hal-hal yang dia sukai itu dengan baik

Jangan Menakuti Anak Ketika Melarang

Meskipun Anda melarang anak melakukan kegiatan yang mungkin kurang positif untuknya, jangan pernah menakut-nakutinya. Pilihlah kata-kata yang masuk di akal dan tegas agar anak tidak tumbuh jadi pribadi yang penakut tapi mampu menganalisa dengan benar.

Beri Kesempatan Anak Saat Menghadapi Masalah

Biarkan anak belajar mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas keputusan yang mereka ambil. Biarkan mereka belajar tentang konsekuensi yang harus ditanggung dan jangan langsung menyelamatkan anak di saat jatuh, apalagi mengkritiknya.

Tingkatkan Kemampuan Bicaranya

Hal ini dapat membuat anak merasa lebih nyaman dan dapat beradaptasi di dalam kehidupan sosial yang lebih besar sekalipun. Berikan motivasi dan pujian saat dia bisa melakukannya. Misal, saat anak bisa melakukan presentasi di depan kelas, hadiahkan padanya sanjungan yang sepantasnya.

Beri Kegiatan yang Membuatnya Berani Tampil

Ajarkan juga anak-anak untuk berani tampil saat mereka melakukan kegiatan seperti menari, sanggar musik, menyanyi. Selain mengasah otak kanan, langkah ini bisa menjadi cara anak menjadi lebih percaya diri.

 

Sumber : metrotvnews.com by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami