Paus Baru Pilih Nama Francis, Apa Alasannya?

Paus Baru Pilih Nama Francis, Apa Alasannya?

Lois Official Writer
3809

Kapel Sistina di Vatikan akhirnya mengeluarkan asap putih sebagai tanda terpilihnya Paus baru yaitu Kardinal Argentina Jorge Mario Bergoglio. Setiap kali seorang Paus baru dipilih dalam konklaf, seorang kardinal senior pasti bertanya dengan nama apakah dia ingin dipanggil. Bergoglio sendiri memilih nama Francis. Karena itu, setiap kardinal sebaiknya telah siap dengan sebuauh nama.

Tidak lama setelah itu, kardinal senior membacakan nama kepausan dalam bahasa Latin dari balkon utama Basilika Santo Petrus sebagai bagian dari apa yang disebut Habernus Papam yang berarti “Kita Punya Paus”. “Nama yang terpilih oleh Paus baru berbicara banyak tentang semangat kepausannya,” ujar Ambrogio Piazzoni, seorang sejarahwan gereja dan wakil kepala perpustakaan Vatikan.

Contohnya Joseph Ratzinger warga asal Jerman yang memilih nama Benediktus XVI. Pada audiensi pertamanya tahun 2005, dia memilih nama itu untuk mendapat bimbingan dari Paus Benediktus XV dari awal abad ke-20. “Dalam jejaknya saya persembahkan pelayanan saya, dalam pelayanan rekonsiliasi dan harmoni di antara manusia,” kata Benediktus XVI waktu itu. Dia kemudian memusatkan perhatian pada warisan Kristen di Eropa selama masa kepausannya, dimana ilhamnya diambil dari Santo Benediktus dari abad ke-6. Salah satu prioritas utama Benediktus XVI adalah menghidupkan kembali iman Kristen di Eropa.

Lantas, bagaimana dengan Paus terpilih sekarang? Bergoglio akan menggunakan nama Paus Francis I, yang diambil dari nama Francis Asisi, yang dianggap sebagai santo paling dicintai oleh warga Italia. Santo Francis sendiri dikenal sebagai sosok yang mencintai binatang dan menjaga lingkungan sehingga Bergoglio yang mengambil nama inipun mempunyai semangat yang sama.

Terpilihnya pria berusia 76 tahun ini diharapkan dapat membuahkan ketenangan dalam Vatikan dan menjadi Paus yang dapat mewujudkan kebenaran Tuhan di dalam kehidupan masyarakat dunia.

 

Baca juga :

Kardinal Palsu Susupi Konklaf Vatikan

Museum Vatikan, Alternatif Wisata Ziarah

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Bagaimana Caranya Memberkati Musuh?

Berbagai Masalah Anak dan Cara Penanganan Orangtua

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Mengenal Makanan Tradisi Indonesia : Tumpeng

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : okezone.com-voaindonesia by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami