Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Lois Official Writer
6875

Perayaan Imlek tahun ini akan dilakukan pada tanggal 10 Februari mendatang dan tentunya sudah banyak persiapan yang harus dilakukan oleh orang-orang yang merayakannya, termasuk dalam hal pakaian. Untuk wanita dinamakan cheongsam dan untuk pria dinamakan changshan.

Cheongsam yang berarti “pakaian panjang” ini banyak dipakai saat Imlek berlangsung. Menurut wikipedia, cheongsam diciptakan pada jaman 1920-an untuk kalangan wanita kelas atas di Shanghai. Cheongsam cocok dengan bentuk tubuh wanita Tionghoa, dimana baju ini punya ciri khas leher tinggi, lengkung leher baju tertutup, dengan kancing di sisi kanan yang kesemuanya menonjolkan kecantikan seorang wanita. Cheongsam tidak susah dibuat dan tidak pula memiliki banyak perlengkapan.

Changshan adalah pakaian resmi lelaki China sebelum pengaruh gaya barat menjadi umum, tercipta bersamaan dengan terciptanya cheongsam. Dulunya changshan dipakai untuk berfoto, pernikahan, dan upacara resmi lainnya. Changshan biasanya dipadukan bersamaan dengan topi hitam bulat.

Bagi yang ingin memakai pakaian khas ini, sekarang sudah banyak orang yang menjualnya, khususnya mendekati Imlek seperti ini. Cuma, untuk changshan memang belum begitu sepopuler cheongsam sehingga sulit didapatkan. Selain itu, sesibuk-sibuknya mempersiapkan Imlek, kesehatan tetap harus dijaga ya, Happy Lunar Day

Sumber : wikipedia.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami