Ternyata Jamur Mampu Kendalikan Cuaca
Sumber: foodandnutrition.org

Nasional / 29 December 2013

Kalangan Sendiri

Ternyata Jamur Mampu Kendalikan Cuaca

Lois Official Writer
3571

Para ilmuwan mempelajari bahwa jamur memiliki kemampuan luar biasa untuk mengendalikan cuaca di sekitarnya. Menurut Profesor Emilie Dressaire, peneliti dari Trinity College di Connecticut, AS, jamur mampu mengubah kelembapan udara di sekitar mereka. Tidak hanya itu, jamur juga mampu menyiapkan angin yang akan membantu mereka menerbangkan spora guna proses pembenihan mereka.

Dalam penelitian ini, ilmuwan AS menggunakan teknik film berkecepatan tinggi dan model matematika, untuk menunjukkan bagaimana jamur tiram dan jamur melepaskan uap air untuk mendinginkan udara sekitar mereka dan akhirnya menciptakan arus konveksi.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa ‘mesin’ dalam jamur bekerja lebih kompleks. Mereka mampu mengendalikan lingkungan sekitar dan menciptakan angin jika alam tak menyediakannya,” ujar Emilie.Para ilmuwan percaya bahwa proses yang sama dapat digunakan oleh semua jenis jamur. Jadi, proses inilah yang membantu penyebaran penyakit pada tanaman, hewan, dan manusia.

Tentu suatu hal yang mengagumkan dimana Tuhan memberikan satu keistimewaan tersendiri bagi jamur ini. Kita mungkin tidak dapat seperti jamur yang mendatangkan hujan atau mengubah cuaca, tapi kita pun diciptakan unik oleh Tuhan.


Baca juga :

Berbagai Sajian Makanan Bernuansa Natal

Mengenal Natal Lewat Sejarah

Ajarkan Anak Natal, Ajarkan Kasih 

Natal, Cara Allah Bicara Pada Kita

10 Langkah Komitmen Berumah Tangga (1)

3 Film Inspirasi Natal Terbaik

Peluang Usaha Baru : Iklan di Tisu Toilet

Ini Dampaknya Sering Lembur

Sumber : tempo.co by lois ho
Halaman :
1

Ikuti Kami