Rumah Sakit Apung Bagi Kaum Papa

Nasional / 23 December 2013

Kalangan Sendiri

Rumah Sakit Apung Bagi Kaum Papa

Lois Official Writer
3922

Hidup Lie A. Dharmawan memang sepenuhnya untuk pengabdian. Itu sebabnya dia mendirikan rumah sakit apung pertama di Indonesia. Semua orang menyebutnya gila ketika rencana itu diwujudkan pada 2009 lalu, namun dia pantang menyerah. Dia yakin masyarakat tertinggal akan lebih mudah memperoleh akses pelayanan menggunakan kapal yang bisa masuk ke pulau-pulau kecil.

Pada Maret 2013,impiannya terwujud. Rumah sakit apung itu dibangun di atas kapal phinisi yang luasnya 23,5 x 6,55 meter. Untuk membeli kapal bekas seharga 600 juta rupiah itu , dia harus menjual rumahnya. Kapal itu kemudian dimodifikasi menjadi dua tingkat dengan ruang operasi ditempatkan di lambung kapal.

"Kapal ini nilainya sekarang sudah lebih dari Rp 3 miliar. Kami memiliki fasilitas kamar bedah dengan segala peralatan memadai, ruang rontgen, EKG, USG, laboratorium, tempat untuk merawat delapan pasien sekaligus. Saya dibantu sponsor," ujar dr Lie.

Perjuangan dokter 'gila' ini memang patut diacungi jempol. Demi kaum papa dia rela menjual rumahnya untuk mewujudkan rencananya tersebut. Suatu kehidupan dikter yang penuh inspirasi. 

Sumber : kompas cetak by lois horiyanti /jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami