Apple Resmi Patenkan Komputer Tanpa Layar

Apple Resmi Patenkan Komputer Tanpa Layar

daniel.tanamal Official Writer
3532

Modifikasi mutakhir terbaru dari Apple yaitu komputer "desk-free" langsung dipatenkan. Komputer tersebut terdiri atas komputer yang sekaligus menjadi proyektor, lalu disertai alat keyboard dan mouse.

Komputer yang sangat portabel ini hadir tanpa panel layar. Pengguna tinggal menaruh komputer sekaligus proyektor itu ke arah yang diinginkan, misalnya ke dinding. Nantinya, akan ada proyeksi tampilan antarmuka seperti layar komputer.

Proyektor akan menentukan orientasi sendiri, berikut warna dan kecerahan proyeksi. Dan karena menggunakan teknologi nirkabel, maka pengguna bisa membawanya ke mana saja.

Komputer ini disebut Apple menggunakan proyektor pintar yang dilengkapi dengan akselerometer dan sensor cahaya untuk menentukan kedalaman bidang. Jika digabungkan, sensor-sensor tersebut bisa memerintah proyektor untuk menentukan di mana dan bagaimana sebaiknya menampilkan gambar, secara nirkabel.

Seperti dikutip dari BGR, Selasa (17/12/2013), paten yang didaftarkan Apple tersebut menggunakan kabel induktif dan baterai sebagai sumber tenaga komputer. Apple sedang getol mematenkan beragam teknologi, namun baru sedikit yang diwujudkan. Perusahaan juga memiliki rencana besar untuk mengubah wujud ruang keluarga. Karena itu, paten "desk-free" mungkin menjadi bagian dari rencana tersebut, selain Apple TV.

Apple TV memang terlihat menjanjikan, namun masih ada kendala yang harus diperbaiki, terkait cara mengontrolnya. Saat ini Apple TV hanya menyediakan alat pengontrol sederhana dengan tiga tombol dan tombol arah. Walau mudah digunakan, namun fungsinya masih terbatas.

 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami