Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
6551


Dampak buruk lembur dibarengi dengan mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang tinggi, nyata dialami oleh Mita Diran, seorang copywriter di sebuah perusahaan periklanan yang dikabarkan meninggal dunia lantaran lembur selama 30 jam. Ia diketahui meneguk sejumlah minuman berkafein tinggi atau stimulan saat lembur.

Kasus ini mengingatkan kembali bahwa bekerja lembur menjadi ancaman kesehatan tubuh. Hal ini dinyatakan oleh sebuah studi yang membuktikan adanya risiko lembur terhadap rentannya serangan jantung, penyakit hati dan depresi hingga menimbulkan nyawa melayang.  

Seperti Studi Universitas London menemukan bahwa pekerja yang lembur lebih dari 10 jam dari normalnya sekitar 6-8 jam per hari, 60 % lebih rentan mengalami peningkatan penyakit hati dan jantung.

Peranan stimulan mau tak mau penting demi meningkatkan konsentrasi dan mengusir rasa ngatuk saat hendak lembur. Dari itu, tak sedikit para pekerja yang dituntut deadline membutuhkan stimulan dan mengkonsumsinya secara berlebihan tanpa memperhitungkan risiko yang ditimbulkannya bagi tubuh.

Untuk itu, Dr. Samuel Oetoro, Ms, Sp.GK, seorang spesialis gizi yang berpraktek di MRCCC Siloam Hospital menyatakan, penting untuk menyeimbangkan kondisi tubuh dengan konsumsi minuman berenergi. Ia menyarankan untuk tidak sembarangan meminum stimulan seperti kopi instan atau minuman berenergi yang manis sangat dilarang.

Agar tubuh tetap segar dan sehat, Samuel menganjurkan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

# Beri waktu tubuh Anda istirahat  

"Meskipun lembur hanya 1 hari, bila sudah tahu jadwal lembur maka besoknya harus ditebus istirahat. Jangan memaksakan tubuh untuk terus bekerja. Sel tubuh itu harus diistirahatkan," kata Samuel.

# Banyak minum air putih

Kelihatannya sepele, namun hal ini benar-benar penting. Bagi para pekerja yang menghabiskan waktu lebih lama dengan duduk, maka banyaklah meminum air putih yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah dan menghindari dehidrasi.

# Makan makanan sehat

Samuel menyarankan, bila memilih lembur maka sebaiknya harus mengkonsumsi makanan sehat yang bisa menambah energi. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah pilihannya, seperti roti, nasi merah, roti gandum dan kentang.

Hidup dan mampu berkarya adalah kesempatan yang telah dianugerahkan Tuhan kepada setiap orang. Dengan itu, muliakanlah Tuhan dengan tubuh jasmani maupun rohani kita. Seperti yang disebutkan oleh firman Tuhan dalam 1 Korintus 6: 19 bahwa, "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah baik Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh kudus yang kamu peroleh dari Allah".


Baca Juga Artikel Lainnya:

Mau Cantik dan Awet Muda? Konsumsi Teh Hijau

Teh Hijau, Si Antioksidan Kaya Manfaat

Waspada! Teh Hijau Juga Punya Efek Buruk

Ternyata Pilihan Kata Dapat Ubah Fungsi Otak

Nutrisi Sehat dan Aman Bagi Penderita HIV/AIDS

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/Lori

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:18:42

Anak muda mulai meninggalkan gereja

0 Answer

Abdul Hamid 16 November 2019 - 05:58:24

Sy di tinggal kabur istri sdh 1 bulan alsan istri .. more..

2 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2