PPP Imbau Ahok Tak Urusi Kolom Agama di KTP
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 17 December 2013

Kalangan Sendiri

PPP Imbau Ahok Tak Urusi Kolom Agama di KTP

Lori Official Writer
5765

Ketua Majelis Syariah DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), KH Noer Muhammad Iskandar, menghimbau Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama  atau Ahok untuk tidak mengurusi masalah pencantuman kolom agama di KTP.

Noer mengaku menyesal atas ucapan dan dukungan mantan Bupati Belitung itu terhadap penghapusan kolom agama di KTP pekan lalu. Ahok sempat menyampaikan pendapatnya bahwa pencantuman agama dalam KTP tidak terlalu penting, lantaran tidak memiliki manfaat bagi pemilik dan orang lain.

“Sebagai pejabat seharusnya mengerti Undang-Undang, kalau tidak tahu undang-undnag jangan jadi pejabat. Wagub Jakarta juga berhati-hati dalam membuat pernyataan, selesaikan dulu masalah-masalah yang ada di Jakarta,” tukas Noer Iskandar, seperti dilansir Okezone.com, Senin (16/12).

Noer menilai penghapusan itu berseberangan dengan amanat Undang-Undang. Selain itu, tanda kolom agama akan mengindikasikan tumbuhnya paham liberal serta mengaburkan makna sila pertama pancasila, yakni Ketuhanana Yang Maha Esa.

“Saya menyesalkan ucapan itu, karena undang-undang kita telah menentapkan agama itu bagian dari berbagai bangsa dan negara,” ujarnya.

Pada Jumat (13/12) pekan lalu, Ahok memang angkat bicara seputar pencantuman kolom agama di KTP. Katanya, “Kalau menurut saya pribadi, saya enggak suka ada itu (agama). Bodo amat. Untuk apa mencantumkan agama Anda di KTP?”.

Ia menilai bahwa pencantuman ini hanya berlaku di Undang-Undang Indonesia. Sementara negara lain seperti Malaysia tidak menerapkan kolom agama ini sama sekali. Baginya, pencantuman agama di KTP yang dikaitkan dengan tata cara pemakaman jika meninggal dunia dan  perkara pernikahan dinilai kurang logis.

Perdebatan tentang pencantuman kolom agama di KTP ini memang sudah lama terjadi. Namun hingga kini, masih belum ditemukan titik cerah dan keputusan pasti dari pemerintah.


Baca Juga Artikel Lainnya:

9 Dari 10 Orang Suka Jokowi, Yang Ga Suka Jadi Public Enemy

Kisah Haru Dibalik Kado Natal Bellaetrix di SEA Games Myanmar

Jelang Natal, Kepolisian Kerahkan Ribuan Personil

Drawing 16 Besar Liga Champions 2013-2014

Ikuti The Satanic Temple, Umat Hindu Oklahoma Ingin Dirikan Monumen Hanuman

Meity Amelia, Berawal Dari Hobi Hingga Jadi Pengusaha Kue

Sumber : Okezone.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami