Ketika Salib Hanya Menjadi Ikon Mode

Book / 16 December 2013

Kalangan Sendiri

Ketika Salib Hanya Menjadi Ikon Mode

Yenny Kartika Official Writer
4955

Zaman sekarang tidak aneh bagi kita melihat salib tergantung di leher para wanita, dan salib tersebut biasanya belum tentu menunjukkan iman kekristenan. Namun, Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, khawatir kalau-kalau salib telah menjadi permainan semata.

Dalam kata pengantar di buku Looking Through The Cross, Welby menulis, “Apakah kita sekarang hidup dengan simbol yang kehilangan kuasanya akibat waktu dan mode? Kekristenan dengan salib yang tidak berkuasa sama dengan Kekristenan tanpa tahta bagi Kristus, atau tanpa harapan bagi pengikut Kristus.”

“Kini, salib lebih sering dipandang sebagai simbol keindahan yang menggantung di leher Anda,” tulis Welby.

Welby tidak menyebutkan nama selebritis secara spesifik, namun sejumlah surat kabar Inggris sering mengutip kata-kata Welby dengan dibarengi foto Madonna dan sejumlah seleb yang kerap mengenakan simbol salib. Mereka juga acapkali tampil di panggung yang dihiasi simbol-simbol keagamaan. Beberapa desainer papan atas seperti Dolce & Gabbana dan Versace juga memakai salib dalam karya fashion mereka.

Buku Looking Through The Cross mengupas betapa berbedanya segala hal saat dilihat dari sudut pandang salib. Salib dibahas dari segi rekonsiliasi, kerendahan hati, identitas, kuasa, penderitaan, kehidupan, dan urapan. Tema semacam ini umum dibicarakan namun penulis Graham Tomlin memberikan arti tersendiri yang menyentuh hati dan pikiran para pembaca di tengah dunia yang bergolak ini.

 

Judul: Looking Through The Cross: The Archbishop of Canterbury’s Lent Book 2014

Penulis: Graham Tomlin

Penerbit: Bloomsbury Continuum

Bahasa: Inggris

Tahun Terbit: 7 November 2013

Ukuran: 19.6 x 12.7 x 1.5 cm

Tebal: 240 halaman

ISBN-13: 978-1408188477

Sumber : berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami