Lagu Natal Kontroversial Gemparkan Romania
Sumber: Ilustration:Digitalspy.co.uk

Nasional / 15 December 2013

Kalangan Sendiri

Lagu Natal Kontroversial Gemparkan Romania

Lori Official Writer
4993

Kegemparan publik terjadi di Romania, setelah sebuah lagu Natal kontroversial disiarkan di saluran baru TVR3 pada Jumat (13/12). Pasalnya, lagu yang dinyanyikan oleh paduan suara tradisional ini mengandung sindiran terhadap kaum Yahudi.

Sejumlah kecaman berasal dari pihak gereja, Kedutaan Besar dan pemerintahan Amerika Serikat di Bucharest. Seperti keberatan keras yang dinyatakan oleh Menteri Luar Negeri Romania, Titus Corlatean, dengan berkata, “Saya sangat mengutuk segala bentuk anti-semitisme, apalagi ketika disebarkan melalui media publik”.

Sedang pihak gereja Ortodoks mengkritik keras paduan suara yang mengumandangkan lagu kontroversial itu. Lagu yang menyebutkan orang-orang Yahudi harus dibakar di cerobong asap tersebut dinilai hanya akan menyebarkan kebencian.

Carol kuno tersebut berasal dari komunitas di wilayah barat laut Cluj. Di dalam liriknya terdapat istilah "jidovi" yang merendahkan orang Yahudi. Akibatnya, Dewan Penyiaran Romania telah mengenakan denda 50.000 RON, setara Rp180 juta, kepada TVR3, yang menayangkan lagu itu.

Banyak tindakan-tindakan menyimpang dalam penyambutan Natal saat ini, salah satunya adalah kasus yang dihadapi oleh pihak Romania ini. Selain itu, penyimpangan penyambutan Natal juga digambarkan dengan perayaan megah tanpa makna, sehingga cukup mengusik kedamaian momen Natal itu sendiri.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Peluang Usaha Wisata 'Low Budget' di Akhir Tahun

6 Bekal Penting Sebelum Pindah Kerja ke Luar Kota

Teh Hijau, Si Antioksidan Kaya Manfaat

Trafalgar Square, Jantung Kemeriahan Natal di London

Tak Ada Cemara, Palem pun Jadi Pohon Natal di Queensland

Bahagianya Pangeran George Kecil di Natal Pertamanya

Kenapa TIME Pilih Paus Fransiskus Jadi Tokoh Tahun 2013?

Tb Ace: TV Harus Hindari Tayangan Humor dan Joget Seronok

Homefront, Perjuangan Sang Ayah Lindungi Putri Tercinta

Sumber : Kompas.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami