Dampak Frustasi Seks Ternyata Membahayakan

Marriage / 13 December 2013

Kalangan Sendiri

Dampak Frustasi Seks Ternyata Membahayakan

daniel.tanamal Official Writer
5634

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Michigan menyebutkan bahwa frustasi karena seks bisa memperpendek umur. Riset yang dilakukan pada lalat buah ini diklaim juga bisa diterapkan pada manusia.

Dalam riset ini, peneliti memanipulasi situasi pada lalat buah yang menjadi obyek penelitian. Saat diteliti, lalat buah jantan ditempatkan pada lingkungan di mana lalat buah jantan ini bisa memproduksi hormon pheromones. Hormon yang memicu respon seksual pada lawan jenis tersebut biasanya diproduksi oleh lalat betina.

Dengan melakukan manipulasi tersebut, lalat jantan akan bereaksi setiap ada lalat jantan lainnya yang terbang mendekat. Namun karena kedua lalat sama-sama jantan, kedua hewan itu pun tidak bisa kawin. Alhasil lalat jantan ini mengalami frustasi seks. Lalat yang frutasi karena seks ini cenderung lebih cepat mati. Sedangkan lalat yang bisa kawin, kesempatan hidupnya lebih besar.

"Berharap bisa bercinta dan akhirnya tidak bisa melakukannya bisa berdampak buruk pada kesehatan dan memangkas kesempatan hidup menjadi lebih pendek," ujar peneliti senior dari riset ini, Scott D. Pletcher, Ph.D, seperti dikutip Live Science.

Scott mengatakan penelitian ini menjadi bukti kalau kerja otak dalam memproses harapan dan 'hadiah' mempengaruhi kesempatan hidup (usia) dan fisiologi. "Dalam kasus ini, hadiah seksual secara spesifik dapat mendukung pertambahan usia yang lebih sehat," ucapnya.

Apakah penelitian pada lalat ini bisa diterapkan pada manusia? Kenyataannya banyak riset yang dilakukan terhadap lalat buah, hasilnya bisa diterapkan untuk melihat kondisi kesehatan manusia. 75% penyakit pada manusia cocok dengan gen pada lalat buah.

 


Sumber : detikhealth
Halaman :
1

Ikuti Kami