6 Hal yang Dilakukan Nelson Mandela Mengubah Afrika Selatan
Sumber: wikipedia

Internasional / 7 December 2013

Kalangan Sendiri

6 Hal yang Dilakukan Nelson Mandela Mengubah Afrika Selatan

Lois Official Writer
12778

Keimanan Nelson Mandela kepada Kristus dipengaruhi oleh ibunya, Nosekeni Fanny yang mengikuti iman Kristen dan membuat Nelson Mandela dibaptis oleh Gereja Wesleyan (Methodist). Saat berkuliah di University College Fort Hare, Mandela mengajar alkitab setiap minggu di desa-desa tetangga. Inilah tujuh hal yang dilakukannya untuk mengubah negaranya, Afrika Selatan :

Tidak Ada Pertumpahan Darah

Karena penolakan terhadap kekerasan di dalam proses politik, hal ini membuat Mandela dianugerahi oleh Nobel Perdamaian tahun 1993.

Jalan Politik yang Berbeda

Karena Mandela, jalan politik di Afrika Selatan menjadi demokrasi, membawa satu konstitusi paling berpengaruh. Membolehkan orang kulit hitam, tidak hanya boleh melakukan pemungutan suara tapi juga dapat mencalonkan diri sebagai pemimpin.

Pemimpin Dunia

Tahun 1994, Mandela disebut-sebut sebagai pemimpin dunia yang membuat negara berpelangi, dan bukan lagi dilihat sebagai dunia yang hina.

Damai dan Pengampunan

Pengaruh Mandela terbesar di Afrika Selatan adalah menghentikan kemarahan dari kejahatan masa lalu, termasuk 27 tahun dia dipenjara. Kunci dari hal ini terlihat dari terbitnya Truth and Reconciliation Commision (Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi) tahun 1995 yang melacak sejarah kekerasan kemanusiaan dan menyediakan tempat untuk keluhan.

Kekuatan Budaya

Bersamaan dengan cricket, rugby menjadi permainan yang biasanya hanya dimainkan oleh orang kulit putih. Namun pada tahun 1995 juga, Afrika menjadi tuan rumah Rugby World Cup – perayaan pertama yang diadakan sejak era ras berhenti. Tim mereka mampu merebut kemenangan.

Jiwa yang Baik Hati

Mandela merupakan kunci hukum karena pekerjaan amalnya. Dia menciptakan Nelson Mandela Foundation, the Nelson Mandela Children’s Fund, dan 46664 (bagi penderita HIV-AIDS yang namanya diambil dari nomornya sewaktu di penjara). Anaknya meninggal dunia karena menjadi korban AIDS.

Cerminan kehidupan Mandela mengakar di hati setiap orang yang pernah melihat apa yang dia lakukan, yang pernah mendengar ketulusan hatinya memerangi ras, dan terutama mereka yang merasakan dampaknya secara langsung. Dia membuat dunia menjadi pelangi yang indah, tidak hanya satu warna saja.

 

Baca juga :

Tanda-Tanda Orangtua / Mertua Terlalu Ikut Campur

Mengapa Natal Jadi Sukacita Terbesar dalam Hidup?

Saat Orangtua Ikut Campur Ngurus Anak

Film Terbaik Tentang Kalkun : Free Birds

10 Cara Makan Fast Food Tapi Tetap Sehat

9 Pernikahan Artis Hollywood Tersingkat, Paling Lama 9 Hari Saja

Forum : Bakti Sosial 7 Desember 2013, Mau Ikutan?

Semua Indah, Jangan Menangis Mama

Sambut Natal, Siapkan Makanan Nuansa Merah Hijau

Sumber : nbcnews.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami