Nelson Mandela, Pria Dengan 6 Nama
Sumber: getty images

Nasional / 6 December 2013

Kalangan Sendiri

Nelson Mandela, Pria Dengan 6 Nama

Puji Astuti Official Writer
6351

Nelson Mandela, peraih nobel perdamaian  atas perjuangannya melawan apartheid di negaranya Afrika Selatan meninggal dunia pada Kamis (5/12) malam waktu setempat atau Jumat (6/12) pagi waktu Indonesia. Sosok karismatik ini meninggal dunia karena mengalami infeksi paru sejak tiga bulan terakhir.

Salah satu yang menarik dari Mandela selain kiprahnya bagi bangsanya dan juga dunia international adalah enam nama yang melekat pada dirinya.

Rolihlahla
Menurut catatan Nelson Mandela Foundation saat lahir ia diberi nama Rolihlahla Mandela oleh ayahnya, Nkosi Mphakanyiswa Gadla Hendry. Kata "Rolihlahla" adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Xhosa, salah satu bahasa resmi di Afrika Selatan yang berarti "menarik cabang pohon" namun lebih umum diartikan sebagai "pembuat onar."

Nelson
Nama Nelson dibubuhkan kepada Mandela saat ia pertama kali masuk sekolah dasar. Nama tersebut diberikan oleh gurunya di sekolah dasar di desa Qunu, namun tidak pernah ada penjelasan mengapa ia mendapatkan nama itu. Namun di awal tahun 1920an, kebanyakan anak Afrika diberi nama Inggris agar lebih mudar bagi Kolonial Inggris untuk mengucapkannya.

Madiba
Di Afrika Selatan, Mandela lebih dikenal dengan nama Madiba, nama klan Tembu tempat asal Mandela. Madiba adalah nama kepala suku Thembu yang memerintah di abad 19. Menyebut Mandela sebagai Madiba adalah sebagai bentuk rasa sayang dan hormat.

Tata
Dianggap sebagai bapak demokrasi di Afrika Selatan, Mandela juga disebut "Tata", bahasa Xhosa untuk panggilan "bapak." Dia menjadi bapak bagi bangsa Afrika Selatan untuk memulai sebuah lembaran baru kehidupan dalam keharmonisan antar ras.

Khulu
Kata dari bahasa Xhosa ini juga salah satu sebutan untuk Mandela, "Khulu" merupakan kependekan dari "uBawomkhulu" yang artinya "kakek. Selain itu juga berarti "besar, penting, agung."

Dalibhunga
Sama seperti anak-anak laki lainnya di sukunya, Mandela saat berusia 16 tahun juga harus menjalani inisiasi secara formal untuk menjadi seorang pria dewasa sebagaimana tradisi bangsa Xhosa. Pada saat itu ia mendapatkan nama Dalibhunga, yang artinya "pencipta atau dewan pendiri" atau juga "pembuka percakapan." Cara menyapa Mandela dengan nama ini adalah, "Aaah! Dalibhunga."

Nama dan panggilan yang melekat pada diri Nelson Mandela menggambarkan peran dan juga tindakan yang ia jalani selama hidupnya. Dalam tahun-tahun menghadapi berbagai tekanan, perjuangan, terpenjara dan juga masa ia memimpin negaranya, ia mengejawantahkan nama dan panggilannya dalam sebuah demonstrasi kehidupan yang membuat dirinya dicintai bukan hanya oleh bangsanya namun juga dunia.

Baca juga artikel lainnya :

Ahok Sarankan SBY Tiru Nelson Mandela

Mandela: Long Walk to Freedom, Kisah Pejuang Anti-Apartheid Afrika Selatan

IMAGO Creative Conference, Momen Belajar Ragam Kreativitas Muda

Stefano Sanjaya: Life Story Akan Menguatkan Banyak Orang

Rayakan Natal Bersama Mitra CBN

Sumber : CNN | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami