AJI : Bagi Jurnalis, Upah Layak itu Penting

AJI : Bagi Jurnalis, Upah Layak itu Penting

Budhi Marpaung Official Writer
2891

Agar dapat memenuhi kebutuhan hidup layak di Jakarta, perusahaan dan organisasi media diharapkan dapat memberikan upah yang layak juga bagi seorang jurnalis. Berdasarkan perhitungan dan analisis Aliansi Jurnalis Independen, jumlah gaji yang pantas diberikan kepada Jurnalis di Ibukota adalah sebesar Rp 5,7 juta per bulan.

"Besaran upah layak ini kami peroleh dengan perhitungan dan analisis  terhadap 39 barang dan jasa menyangkut kebutuhan hidup layak bagi  seorang ju rnalis di Jakarta," ujar Ketua AJI Jakarta, Umar Idris, Minggu (3/11).

Dijelaskan Umar bahwa kebutuhan makanan menjadi komponen yang mengambil porsi terbesar dari jumlah tersebut yakni sebesar Rp 2,1 juta per bulan.

Di bawah komponen makanan, terdapat kebutuhan penunjang tugas jurnalistik yang mencapai besaran angka Rp 1,5 juta per bulan. "Sisanya adalah kebutuhan tempat tinggal dan sandang," ungkapnya.

AJI Jakarta menyatakan bahwa upah layak sangat penting karena ini berkaitan erat dengan profesionalitas jurnalis dalam menjalankan tugas-tugasnya yang sangat rentan godaan suap/amplop.

Jika bukan perusahaan atau organisasi media yang memerhatikan, siapa lagi yang mau memerhatikan kesejahteraan jurnalis di negeri ini?


Baca juga :

Sofjan Wanandi : Upah Naik, Pengangguran Bertambah

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI

Berkat yang Indah

Above All, Album Gospel yang Dikemas Menarik Oleh Oslo Gospel Choir

Judika, Penyanyi Sukses yang Pernah Jadi Tukang Tambal Ban

Sumber : tribunnews.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami