Tak Terhentikan

Kata Alkitab / 29 November 2013

Kalangan Sendiri

Tak Terhentikan

Puji Astuti Official Writer
4559

Dan Ia berfirman: "Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apapun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana (Kejadian 11:6 TB)

Ayat ini merupakan salah satu ayat dari sekian banyak ayat-ayat yang ditulis dalam bentuk pernyataan oleh Tuhan tentang kemampuan manusia ciptaanNya. Ungkapan pernyataan yang disampaikan Tuhan, "mulai dari sekarang apapun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana" adalah suatu ungkapan tentang kemampuan manusia ciptaanNya yang mampu meraih impian mereka melalui visi yang mereka canangkan. Kunci pengajaran pada ayat ini adalah fokus pada visi dan rencana kerja untuk membawa visi tersebut menjadi kenyataan. Ungkapan "apapun juga yang mereka rencanakan" tidak dibatasi hanya pada tujuan yang baik saja tapi juga pada sisi yang tidak baik, sangat tergantung dari orang yang merencanakan apapun juga yang ingin mereka raih.

Setiap orang yang ingin membuat impiannya menjadi kenyataan harus menujukan matanya pada impiannya tersebut. Impian adalah visi yang ingin diraih oleh sipemilik visi dan Tuhan berkata dalam Amsal 29:18 (TB), "Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum". Dengan perkataan lain bila tidak ada pernyataan dari Tuhan, bila tidak ada visi yang dari Tuhan, umat Tuhan akan binasa, mereka akan tercerai-berai dan menjadi liar. Karena itu rumah tangga, negara, perusahaan, gereja dan sebagainya membutuhkan para pemimpin yang visioner. Seorang pemimpin yang visioner adalah seorang pemimpin yang memiliki kemampuan untuk berpikir tentang kemungkinan masa depan atau membayangkan masa depan seperti apa yang ingin diraihnya melalui daya pikir atau daya imajinasinya. Jika pemimpin tersebut telah memperoleh sebuah visi, maka ia akan membuat rencana kerja untuk memandu setiap orang yang terlibat untuk dapat memfokuskan diri mereka pada visi yang ada sampai visi tersebut menjadi kenyataan.

Dan ketika rencana serta pengarahan yang jelas telah selesai dibuat dan ketika orang-orang yang terlibat dapat melihat tujuan visi tersebut dengan jelas maka mereka akan termotivasi oleh tujuan yang jelas untuk mencapai misi yang ditetapkan oleh visi tersebut. Kebenaran yang dapat kita pelajari dari Kejadian 11:6 adalah bahwa tidak ada yang dapat memotivasi siapa pun juga tanpa visi yang jelas, rencana, arah dan tujuan. Mencoba untuk memotivasikan orang lain tanpa memiliki visi yang jelas, rencana, arah dan tujuan hanya akan menciptakan lebih banyak perasaan lapar akan motivasi, tanpa tahu arah tujuan ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan, layaknya seperti hamster yang terus menerus berputar-putar di roda sepanjang hari namun tetap di tempat - hanya membuang-buang waktu, energi dan kesempatan!

Yeremia 29:11 berbicara tentang rencana Allah bagi kita tentang masa depan kita. Apakah kita mampu untuk melihat visi yang dimilikinya tentang masa depan kita? Apakah kita bisa melihat dari sudut pandang mata Tuhan tentang masa depan kita? Apakah kita bisa melihat tujuan yang Dia miliki untuk masa depan kita? Bukankah kita sangat membutuhkan Dia untuk mengungkapkan kepada kita tentang rencana-Nya bagi masa depan kita (Yeremia 33:3)? Dan tanpa Dia mengungkapkan kepada kita tentang rencanaNya bagi masa depan kita, kita tidak akan dapat melihatnya dan tanpa wahyu-Nya kita akan menjadi liar sebagaimana yang telah dinyatakan dalam Amsal 29:18.

Mari kita berdoa untuk visi yang jelas yang dapat kita terima melalui pewahyuan Ilahi dan pada akhirnya kita akan tahu bahwa tujuan yang jelas yang tercakup dalam visi adalah motor penggerak yang akan memotivasikan kita untuk mencapai misi yang ditetapkan oleh visi. Bersama dengan Tuhan Yesus kita dapat melakukan segala perkara. Amin.

Penulis

Rev.Dr. Harry Lee, MD.,PsyD

Gembala Restoration Christian Church di Los Angeles - California

www.rccla.org

Sumber : Rev. Dr. Harry Lee, MD.,PsyD
Halaman :
1

Ikuti Kami