Lima Cara Mudah Hilangkan Stres
Sumber: cumicumi.com

Solusi Sehat / 27 November 2013

Kalangan Sendiri

Lima Cara Mudah Hilangkan Stres

Budhi Marpaung Official Writer
6127

Di tengah banyaknya pekerjaan, tanggung jawab, dan persoalan yang dihadapi, seseorang biasanya akan mengalami stres. Ini terkadang tidak bisa dihindari. Hal yang bisa kita lakukan justru adalah mengatasinya.

Berikut adalah lima cara mudah yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan stres:  

1. Mengeranglah. Masuk ke kamar yang sepi (pastikan ruangan kedap suara sehingga orang lain tak bisa mendengar Anda), lalu tarik napas. Sambil mengembuskan napas, keluarkan suara erangan yang panjang. Lakukan sebanyak tiga kali. Biasanya  orang yang mempraktikan hal ini akan merasa lebih “ringan” dibandingkan sebelumnya.

2. Tuliskan rasa syukur. Ambil selembar kertas dan tuliskan lima hal yang terlintas di pikiran saat Anda bertanya: “Apa yang saya syukuri dalam hidup saya?” Mungkin saja jawabannya jalan yang tidak macet, atau bertemu dengan orang baik di jalan atau bahkan mendapatkan makanan enak, sehat, dan murah. Mengerjakan aktivitas sederhana ini dapat menyalakan tombol perasaan positif dalam diri Anda dengan segera.

3. Bereskan tumpukan barang. Merapikan meja, mengatur file-file Anda (termasuk yang ada di komputer), dan membersihkan bersihkan isi laci merupakan kegiatan yang bisa menolong Anda terlepas dari stres. kepuasan yang timbul setelah Anda sukses mengerjakannya bakal menurunkan tekanan yang Anda sedang alami.  

4. Dengarkan MP3 Player. Di tengah kepenatan Anda, menyendiri dan mendengarkan musik yang ada di MP3 Player atau handphone atau smartphone Anda merupakan cara sederhana yang juga mengasyikkan. Dengarkan lagu-lagu positif atau bahkan rohani sekalipun karena setiap lirik yang Anda dengarkan sangat mungkin membangkitkan semangat dan memotivasi Anda untuk menyelesaikan tugas, tanggung jawab, dan persoalan yang dihadapi.

5. Hirup aroma alami. Sejumlah minyak esensial memiliki efek menenangkan. Bawa sebotol minyak lavender, sandalwood atau chamomile ke mana-mana, agar bisa langsung Anda baui kapan pun Anda butuhkan. Jika merasa terlalu merepotkan, bubuhkan saja saputangan yang Anda bawa dengan minyak-minyak tersebut.

Yang perlu digarisbawahi terkait 5 cara mudah untuk menghilangkan stres sebagaimana tercantum di atas adalah berusahalah mempraktikkan dan jangan hanya membaca. Sebab, kita tidak akan pernah tahu apakah ini terbukti benar atau salah, sebelum kita menerapkannya di dalam kehidupan kita sendiri.


Baca juga :

Hindari Stres Agar Tidak Diabetes

Bayi Yesus Buatku Tertawa

Hari Dokter Nasional Momen Refleksi Panggilan Sebagai Dokter

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI  

Sumber : readerdigest.co.id / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami