5 Makanan Alami Efektif Atasi Stres

Gizi & Nutrisi / 26 November 2013

5 Makanan Alami Efektif Atasi Stres

Puji Astuti Official Writer
5268

Ada sebagian orang percaya bahwa makan dapat meredakan stres, tapi apakah benar? Ternyata hal itu tergantung apa yang dimakan karena beberapa jenis makanan malah dapat memicu stres loh.

Makanan yang sehat dan latihan pernafasan adalah salah satu cara sederhana untuk mengatasi stres. Hal ini bukan hanya efektif namun juga tanpa efek samping. Namun Anda harus hati-hati dengan beberapa jenis makanan dan minuman ini karena malah dapat memicu stres :

- Teh, kopi,minuman bersoda, minuman mengandung alkohol dan minuman berenergi
- Makanan cepat saji
- Mentega dan keju
- Daging dan kerang
- Gula

Gula dan makanan yang mengandung gula menyebabkan tubuh melepaskan gula dalam darah dengan cepat, hal ini meningkatkan jumlah insulin dalam darah sehingga tubuh lebih banyak menyimpan lemak dan bukannya membakarnya, dan kemudian meningkatkan kadar gula darah. Akhirnya, semakin tinggi kadar gula dalam darah, semakin buruk mood atau perasaan kita seperti merasa depresi, panik atau aneh.

Makanan untuk mengatasi stres :


- Buah yang mengandung vitamin C

Berdasarkan hasil riset, vitamin C dapat menurunkan tingkat stres. Jadi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, strobery, blackberries, dan sejenisnya adalah senjata ampuh untuk atasi stres Anda. Selain itu buah-buahan ini juga kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

- Sayuran dengan warna hijau gelap
Mungkin Anda bukan penggemar bayam seperti Popeye, namun sayuran mengandung mineral dapat membantu mengatasi stres. Demikian juga dengan brokoli dan sayuran hijau lainnya yang mengandung folic acid.

- Ikan mengandung asam lemak tak jenuh
Ikan seperti makarel, salmon dan sejenisnya yang mengandung asam lemak tak jenuh sangat baik untuk jantung, selain itu juga mengandung choline sebuah zat yang baik untuk otak kita. Itu sebabnya mereka bisa menjadi pilihan alami mengatasi stres.

- Kalkun
Kalkun mengandung sejumlah besar phenylalanine, asam amino yang membantu otak menghasilkan dopamine, neurotransmiter yang mengaktifkan beberapa pusat kesenangan dalam otak. Dopamine bisa dipastikan akan memperbaiki mood Anda juga mengatasi rasa depresi.

- Kacang-kacangan
Sebagian besar kacang-kacangan kaya akan vitamin B dan juga dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Segenggam kacang sehari dapat membantu Anda mengatasi stres yang menyerang.

Secara umum, diet yang seimbang dan juga olahraga yang teratur akan membantu Anda untuk mengatasi stres yang datang. Untuk itu perhatikan diet harian Anda dan jangan lewatkan waktu-waktu untuk melakukan olahraga ya.

 

Baca juga artikel lainnya :

Hindari Stres Agar Tidak Diabetes

Menjadi Vegetarian Bikin hidup Bahagia Dan Kurangi Stres

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

 

Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI)

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami